Nama Lisa BLACKPINK Jadi Spesies Tanaman Terbaru di Thailand, Temukan Fakta Menariknya!

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Ada spesies tanaman baru yang ditemukan di Thailand. Yang menarik, spesies baru ini dinamakan sesuai dengan salah satu anggota K-Pop BLACKPINK yang berasal dari Thailand, yaitu Lisa.

Penemuan spesies tanaman baru ini dilakukan oleh sekelompok peneliti dari Fakultas Sains Universitas Chiang Mai Thailand, seperti yang dilansir oleh Mashable pada Kamis, 13 April 2023, dan ditulis pada Jumat, 14 April 2023.

Spesies baru ini berasal dari keluarga bunga dengan aroma harum, yaitu “Friesodielsia Steenis”, yang habitatnya tersebar luas di Narathiwat, provinsi paling selatan Thailand yang selama ini belum banyak dieksplorasi melalui penyelidikan morfologi.

Spesies baru ini diberi nama “Friesodielsia lalisae”, yang diambil dari nama Lisa BLACKPINK, atau yang dikenal sebagai Lalisa Manoban.

Alasan mengapa spesies ini dinamakan Lisa adalah karena Lisa, sebagai seorang penyanyi, rapper, dan penari K-Pop asal Thailand, telah memotivasi penulis pertama penelitian ini, Anissara Damthongdee, untuk “mengatasi hambatan selama studi Ph.D.-nya”.

Ironisnya, meskipun spesies ini dinamai dengan nama idol K-Pop yang terkenal dan sedang populer, tanaman ini dikategorikan oleh para peneliti sebagai “sangat terancam punah” dan membutuhkan upaya konservasi yang segera dilakukan. Flora

Morfologi Friesodielsia lalisae

Dalam jurnal BioOne, morfologi bunga ini ditandai dengan kelopak luar yang terpisah saat mekar dan memiliki bagian dasar yang cekung.

Friesodielsia lalisae (Via Mashable & jurnal BioOne) Foto: Friesodielsia lalisae (Via Mashable & jurnal BioOne)

Sementara itu, spesies Friesodielsia lain dalam genus yang sama memiliki kelopak luar yang terpisah pada tahap awal perkembangan dan bagian dasar yang datar.

F. lalisae memiliki ciri morfologi yang paling mirip dengan F. argentea (J. Sinclair) Steenis dan F. glauca (Hook. f. & Thomson) Steenis, tetapi berbeda dalam bentuk sepal alias kelopak daun.

READ  Imigrasi Thailand Bantah Video Viral TikTok, WNI Ditolak Masuk karena Duit Tunai

Proporsi kelopak daun pada F. lalisae lebih tinggi daripada kelopak luar. F. lalisae juga memiliki pangkal daun yang berbeda, bulu-bulu yang lebih rapat pada ranting muda, dan tangkai bunga yang lebih pendek. F. lalisae hidup endemik di Provinsi Narathiwat, Thailand.

Friesodielsia lalisae (Via Mashable & jurnal BioOne) Foto: Friesodielsia lalisae (Via Mashable & jurnal BioOne)

Thailand baru-baru ini mengumumkan penemuan spesies tanaman yang diberi nama Friesodielsia lalisae, terinspirasi oleh nama Lisa dari grup BLACKPINK. Hal ini tentu menjadi kabar menarik dan unik bagi para penggemar Lisa dan BLACKPINK.

Penamaan ini dilakukan sebagai penghormatan terhadap popularitas dan pengaruh Lisa dalam musik dan budaya pop. Lisa sendiri merupakan anggota BLACKPINK yang berasal dari Thailand dan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia.

Tanaman Friesodielsia lalisae memiliki ciri-ciri yang unik dan menarik. Bentuknya yang indah dan warnanya yang mencolok membuat tanaman ini sangat istimewa. Penemuan spesies tanaman baru ini juga memberikan dampak positif terhadap konservasi sumber daya alam dan lingkungan.

Penelitian tentang tanaman ini telah dipublikasikan dalam jurnal BioOne dan diungkapkan melalui situs web Mashable. Berbagai informasi tentang Friesodielsia lalisae dapat ditemukan melalui sumber-sumber tersebut.

Kesimpulan

Ditemukan spesies tanaman baru di Thailand yang dinamakan Friesodielsia lalisae, terinspirasi dari nama Lisa BLACKPINK. Dalam jurnal BioOne, spesies ini memiliki morfologi yang unik dengan kelopak luar yang terpisah saat mekar dan bagian dasar yang cekung. Meskipun dinamai seperti idol K-Pop yang terkenal, tanaman ini dikategorikan “sangat terancam punah” dan membutuhkan upaya konservasi. Penemuan ini memberikan dampak positif terhadap konservasi sumber daya alam dan lingkungan. Selain itu, Anda juga dapat membaca artikel menarik tentang misteri bunga Dandelion yang melambangkan keberanian, ketahanan, dan kehangatan.

READ  Peneliti Ungkap Dukungan Hak Angket pada Pemilu