Arti Bunga Foxglove: Ketidaktulusan dan Ambisi dalam Lalat Pucat

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Bunga memiliki arti simbolik yang berbeda-beda, seperti menyatakan cinta, ketulusan, atau bahkan kematian. Terdapat banyak jenis bunga yang memiliki makna khusus. Salah satu bunga yang mungkin belum begitu dikenal adalah bunga foxglove.

Apa sebenarnya arti dari bunga foxglove ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

Asal-usul Bunga Foxglove

Bunga foxglove, juga dikenal dengan nama latin digitalis purpurea, merupakan tanaman asli Eropa yang kemudian menyebar ke seluruh Amerika Utara dan Asia. Foxglove termasuk dalam genus Plantaginaceae dan terdiri dari sekitar 25 spesies.

Foxglove telah tumbuh berabad-abad lamanya, diperkirakan sejak abad ke-1.000 Masehi. Tanaman ini memiliki sejarah yang panjang dan sering kali dikaitkan dengan cerita rakyat serta digunakan dalam pengobatan tradisional.

Bentuk bunga foxglove menyerupai lonceng atau tabung yang tinggi dan memiliki kelopak yang melengkung ke bawah. Foxglove termasuk dalam kategori tanaman liar yang, meskipun memancarkan keindahan, sebenarnya memiliki sifat beracun.

Arti Nama Bunga Foxglove

Menurut A to Z Flowers, bunga foxglove memiliki nama latin digitalis yang berasal dari kata digitus yang berarti jari. Hal ini dikarenakan foxglove dapat dengan mudah dipasangkan atau dililitkan di atas jari.

Berdasarkan bahasa kuno Anglo Saxon, “foxes-glova” berarti “sarung tangan rubah” karena bentuk foxglove mirip cakar rubah.

Arti Bunga Foxglove

Bunga foxglove dalam bahasa bunga melambangkan ketidaktulusan. Namun, bunga ini juga bisa diartikan sebagai “aku berambisi bukan untuk diriku, melainkan untukmu.” Foxglove memiliki makna ganda karena dapat memiliki kemampuan untuk melukai dan menyembuhkan.

READ  Nama Lisa BLACKPINK Jadi Spesies Tanaman Terbaru di Thailand, Temukan Fakta Menariknya!

Bunga foxglove sering dianggap sebagai bunga peri karena dipercaya bahwa memetiknya akan membuat para peri marah. Bunga ini juga digunakan sebagai simbol Bunda Maria. Secara keseluruhan, arti bunga foxglove adalah:

  1. Ketidaktulusan
  2. Keabadian
  3. Keberanian
  4. Petualangan
  5. Ambisi
  6. Kebanggaan
  7. Keajaiban
  8. Koneksi
  9. Kreativitas

Arti Bunga Foxglove Berdasarkan Warna

Bunga foxglove memiliki beberapa warna yang berbeda, seperti pink, merah, ungu, putih, dan kuning. Berikut adalah penjelasan arti bunga foxglove berdasarkan warnanya yang kami kutip dari laman Pansy Maiden.

1. Bunga Foxglove Pink

Arti bunga foxglove pink adalah penyembuhan emosional. Bunga ini juga melambangkan keindahan, cinta, dan harapan.

2. Bunga Foxglove Merah

Arti bunga foxglove merah adalah keceriaan dan kebahagiaan. Bunga ini jarang ditemui, sehingga lebih menarik perhatian. Warna merah pada bunga foxglove melambangkan naluri, kesenangan, kemenangan, keinginan, dan kelangsungan hidup.

3. Bunga Foxglove Ungu

Arti bunga foxglove ungu adalah kebijaksanaan, tekad, pesona, toleransi, dan keajaiban. Warna ungu pada bunga ini sering dikaitkan dengan kekuatan dan keseimbangan cinta. Bunga foxglove ungu juga memiliki sifat menenangkan.

4. Bunga Foxglove Putih

Arti bunga foxglove putih adalah kepolosan dan kemurnian. Bunga ini melambangkan keterbukaan dan energi feminin. Bunga foxglove putih juga melambangkan hati yang terbuka, sehingga memungkinkan tumbuhnya benih-benih cinta yang baru.

5. Bunga Foxglove Kuning

Arti bunga foxglove kuning adalah kejernihan. Warna kuning pada bunga ini sering dikaitkan dengan keceriaan, kegembiraan, dan kehangatan. Bunga foxglove kuning juga melambangkan keyakinan dan kepercayaan untuk terus bergerak maju. Warna kuning biasanya dihubungkan dengan antusiasme, optimisme, dan humor.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa bunga foxglove melambangkan ketidaktulusan, ambisi, kebijaksanaan, keberanian, keceriaan, dan hal-hal lainnya. Terima kasih atas perhatiannya! Semoga bermanfaat!

READ  Ramadan di Depan Mata! Manfaatkan Kesempatan Belanja di Transmart Full Day Sale dengan Diskon Spesial

Kesimpulan

Bunga foxglove memiliki arti simbolik yang beragam, antara lain ketidaktulusan, ambisi, kebijaksanaan, keberanian, keceriaan, dan banyak lagi. Bunga ini juga memiliki makna ganda karena dapat melukai dan menyembuhkan. Selain itu, bunga foxglove juga memiliki arti yang berbeda-beda berdasarkan warnanya, seperti penyembuhan emosional untuk warna pink, keceriaan dan kebahagiaan untuk warna merah, kebijaksanaan dan keajaiban untuk warna ungu, kepolosan dan kemurnian untuk warna putih, serta kejernihan dan optimisme untuk warna kuning. Melalui penjelasan ini, diharapkan kita dapat lebih mengenal dan menghargai arti bunga foxglove.