Bunga Udumbara, Keindahan yang Tersembunyi dan Langka!

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Bunga udumbara atau disebut juga bunga langka yang hanya mekar setiap 3000 tahun sekali. Bunga yang dikenal juga dengan nama Youtan Poluo ini memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga sulit dilihat secara kasat mata dan dibutuhkan lensa pembesar untuk dapat melihatnya.

Meskipun memiliki ukuran yang sangat kecil, bunga udumbara dapat tumbuh pada lingkungan apapun, bahkan pada kayu dan logam sekalipun.

Yuk, simak informasi lebih lanjut mengenai karakteristik, fakta menarik, dan mitos yang beredar mengenai bunga udumbara berikut ini.

Karakteristik Bunga Udumbara

Dikutip dari buku berjudul Flora Unik Jilid 2, oleh Gun Mardiatmoko, bunga udumbara merupakan bunga yang memiliki ukuran sangat kecil. Sehingga, dibutuhkan bantuan kaca pembesar untuk dapat melihat bunga ini secara jelas.

Jika dilihat dari bentuknya, sekilas tanaman ini termasuk jenis tanaman bunga tapi tidak memiliki daun dan hanya berupa tangkai serta kelopak yang berbentuk bulat dan berwarna putih, mirip seperti telur serangga.

Tangkai atau batang dari bunga ini berukuran sedikit lebih besar dari permukaan rambut manusia.

Meskipun ukurannya kecil, bunga ini memiliki wangi yang sangat kuat. Bunga udumbara termasuk bunga langka karena membutuhkan waktu 3000 tahun untuk bisa melihatnya berbunga.

Di Indonesia, tumbuhan ini pernah ditemukan oleh seorang warga di daerah Sleman, Yogyakarta. Saat ditemukan, jumlahnya hanya sekitar 10 batang saja dan semuanya dalam keadaan mekar. Tanaman ini memiliki keunikan yang menakjubkan.

READ  Tips Menanam Gula tebu dan Cara Merawatnya

Bunga udumbara (youtan poluo) dapat tumbuh dengan mudah dalam berbagai media, seperti daun tanaman hias, kayu, kaca, dan logam.

Sayangnya, belum ada catatan dan penelitian yang lengkap mengenai perkembangbiakan tanaman ini.

Mitos Tentang Bunga Udumbara

Bunga udumbara diyakini memiliki kekuatan supranatural yang dapat memberikan keberuntungan bagi siapa pun yang menemukannya.

Dalam mitos agama Buddha, bunga udumbara adalah bunga pembawa keberkahan dan dikaitkan dengan kedatangan Raja Suci Pemutar Roda Sang Pelurus Dharma (hukum moral) di dunia.

Dalam tulisan Buddhisme disebutkan bahwa raja tersebut akan menawarkan keselamatan bagi semua orang dan menerima siapapun tanpa memandang status dan afiliasi agama.

Mitos mengenai kekuatan supranatural dari tanaman hias udumbara membuat banyak orang percaya bahwa dengan menyimpan bunga ini selama bertahun-tahun, pemiliknya akan mendapatkan keuntungan yang berlimpah terutama dalam hal ekonomi.

Fakta Menarik Tentang Bunga Udumbara

Setelah mengetahui karakteristik dan mitos yang beredar di masyarakat mengenai bunga udumbara, kamu juga perlu mengetahui fakta-fakta menarik mengenai bunga mungil yang satu ini.

Simak beberapa fakta menarik tentang bunga udumbara berikut ini.

1. Pertama Kali Ditemukan di Cina

Bunga udumbara pertama kali ditemukan oleh Ding, petani asal Provinsi Liaoning Timur Laut Cina pada tahun 2007. Saat itu, Ding menemukan sekitar 38 bunga udumbara pada pipa logam kebunnya.

2. Dikenal dengan Nama Bunga Surga

Dalam bahasa Sansekerta, bunga udumbara disebut dengan bunga Youtan Poluo yang artinya bunga dari surga.

Bunga berukuran mungil ini dipercaya sebagai tanaman dari surga karena membutuhkan waktu hingga 3000 tahun bagi bunga ini untuk dapat tumbuh dan mekar. Bunga Cantik ini juga memiliki makna filosofi yang mendalam. Selain itu, Anda juga dapat menemukan tanaman hias yang dapat mengusir rayap di rumah Anda.

READ  Tips Menanam Kangkung darat dan Cara Merawatnya

3. Dianggap sebagai Tanaman Parasit

Dari segi bentuk dan habitatnya, sekilas bunga udumbara memang mirip dengan jamur dan parasit, sehingga banyak orang mempercayai bahwa bunga yang satu ini tergolong sebagai bunga parasit yang tumbuh dengan menyerap nutrisi dari tanaman inangnya. Namun, ada juga taman-taman di luar negeri yang memiliki pesona yang memikat dengan pepohonan dan bunga yang indah. Salah satunya adalah taman-taman tua di Iran yang menghadirkan keindahan alam yang menakjubkan. Kamu bisa membaca lebih lanjut tentang taman tua dengan pepohonan dan bunga di Iran. Tidak hanya itu, masih ada juga taman bunga di Jepang yang bisa membuat kita terpesona dengan keindahannya. Kamu dapat menikmati warna-warni taman bunga Jepang yang memukau melalui artikel ini.

Meskipun begitu, bunga udumbara tidak akan mempengaruhi kelangsungan hidup inangnya karena ukurannya sangat kecil.

Bunga udumbara juga dianggap sebagai tumbuhan parasit karena bunga ini tumbuh dengan menempel pada media apapun, seperti tanah, kayu, logam, dan lain sebagainya. Bahkan, bunga udumbara juga pernah ditemukan tumbuh melekat pada wajah patung Budha.

4. Memiliki Wangi yang Sangat Harum

Bunga udumbara juga dikatakan memiliki aroma yang sangat harum bahkan melebihi parfum.

Ketika ditempatkan di dalam ruangan, aroma bunga ini dapat bertahan lama.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang karakteristik, mitos, dan fakta menarik mengenai bunga udumbara yang perlu diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kesimpulan

Bunga udumbara, juga dikenal sebagai bunga surga atau Youtan Poluo, adalah bunga langka yang mekar setiap 3000 tahun sekali. Meskipun ukurannya kecil, bunga ini memiliki karakteristik unik, seperti kemampuannya tumbuh pada berbagai media dan memiliki wangi yang kuat. Mitos yang berkembang tentang bunga udumbara mengatakan bahwa bunga ini membawa keberuntungan bagi yang menemukannya. Beberapa fakta menarik tentang bunga ini adalah bahwa pertama kali ditemukan di Cina, dikenal sebagai bunga surga, dianggap sebagai tanaman parasit, dan memiliki aroma yang sangat harum. Meskipun belum ada penelitian yang lengkap tentang bunga udumbara, informasi ini dapat memberikan wawasan tentang keindahan dan keunikan bunga yang langka ini.

READ  Jeritan Hati Pedagang Wisata Tanaman Hias Gresik: Kisah Sepi Pembeli yang Membekas