Panglima TNI AL Raih Brevet Hiu Kencana, Dapat Gelar Warga Kehormatan

indotim.net (Minggu, 03 Maret 2024) – Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, menerima gelar brevet Hiu Kencana yang menandakan penghargaan tertinggi dari TNI AL. Dengan penerimaan gelar ini, Jenderal Agus secara resmi diangkat sebagai warga kehormatan TNI AL.

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (P) Agung Saptoadi pada hari Minggu, brevet Hiu Kencana tersebut diberikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali, di Dermaga Madura, Koarmada II Surabaya, Jawa Timur, pada hari Sabtu.

Dijelaskan pula bahwa proses penyerahan brevet dimulai dengan melakukan peninjauan fasilitas di KRI I Gusti Ngurah Rai-332 (KRI GNR-332) dan mendapatkan penjelasan singkat mengenai Pusat In PIT KRI Kelas REM. Setelah itu, Panglima TNI beserta Pejabat yang akan menerima brevet melakukan Safety Brief dan Medical Checkup di Conference Room KRI GNR-332.

Panglima TNI serta rombongan kemudian menuju ke KRI Alugoro-405 untuk melanjutkan acara penyematan Brevet Hiu Kencana di dalam KRI Alugoro-405 yang sedang berlayar di sekitar Selat Madura.

Dalam acara penyematan brevet, Panglima TNI beserta rombongan menyaksikan demonstrasi pembebasan sandera dan Visit Board Search and Seizure (VBSS) yang dilakukan oleh prajurit Kopaska dengan teknik fast rope menggunakan KRI Soputan-923 sebagai kapal sasaran,” jelas Kolonel Agung.

Prestasi ini membuat Panglima TNI AL diangkat sebagai Warga Kehormatan TNI Angkatan Laut, memperkuat keberadaan beliau dalam jajaran pemimpin yang dihormati dalam kesatuan TNI AL.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan menerima brevet Hiu Kencana. (Dok Kabidpenum Puspen TNI)

Selain Panglima TNI, brevet kehormatan juga disematkan kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Danjen Akademi TNI Laksdya TNI Dadi Hartanto, Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Agus Hariadi, Dankodiklatal Letjen TNI (Mar) Nur Alamsyah.

READ  Anies Kampanye di Banten: Raih Kemenangan Besar dengan Skala AMIN!

Brevet ini juga diberikan kepada Panglima Komando Armada II, Laksdya TNI Denih Hendrata, Panglima Komando Armada III, Laksda TNI Hersan. Turut onboard di KRI Alugoro-405 Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Kesimpulan

Panglima TNI AL, Jenderal TNI Agus Subiyanto, meraih brevet Hiu Kencana dan dianugerahi gelar warga kehormatan TNI AL. Acara penyematan brevet tersebut juga melibatkan sejumlah pejabat tinggi TNI lainnya. Penghargaan ini memperkuat posisi Jenderal Agus di jajaran pemimpin yang dihormati dalam TNI AL, menegaskan prestasinya dalam layanan kepada negara.