Bukan Sulap, Bukan Sihir, Pulau Ajaib Muncul di Jepang

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Pulau termuda dunia baru saja muncul di Jepang. Keberadaan pulau ini memicu keheranan dan kekaguman dari berbagai kalangan. Namun, dari mana sebenarnya pulau ini muncul?

Dilaporkan oleh CNN pada Jumat (10/11), sebuah pulau baru muncul di lepas pantai Pulau Iwo Jima, Samudera Pasifik. Badan Meteorologi Jepang (JMA) menyatakan bahwa pulau ini terbentuk akibat letusan gunung berapi bawah laut.

Kemunculan pulau ini didokumentasikan oleh pasukan Maritime Self-Defense Force Jepang pada tanggal 1 November. Sekarang pulau tersebut termasuk dalam rangkaian Pulau Ogasawara.

Dalam beberapa foto yang ada, terlihat letusan kecil yang keluar dari dalam laut. Letusan tersebut menyemburkan abu gelap yang kemudian membentuk sebuah pulau.

JMA telah mencatat aktivitas gunung berapi di daerah tersebut sejak tahun lalu. Namun Institut Penelitian Gempa Universitas Tokyo mengkonfirmasi bahwa letusan pembentukan mulai sudah terjadi pada tanggal 30 Oktober.

“Magma yang terbentuk di bawah air selama beberapa waktu sebelum akhirnya muncul ke permukaan,” ujar Setsuya Nakada, seorang profesor emeritus vulkanologi di Universitas Tokyo.

Pulau muda ini terletak 1.200 km di selatan daratan Jepang dan satu km dari Iwo Jima, yang mana menjadi tempat pertempuran paling sengit pada Perang Dunia II di Pasifik.

Dalam catatan sejarah, terdapat pertempuran sengit antara marinis AS melawan puluhan ribu tentara Jepang. Pertempuran tersebut menyebabkan korban jiwa yang cukup besar, dengan lebih dari 7.000 tentara AS dan 22.000 dari pihak Jepang tewas.

Kesimpulan

Pulau termuda di dunia muncul di lepas pantai Pulau Iwo Jima, Jepang, akibat letusan gunung berapi bawah laut. Pulau ini muncul setelah aktivitas gunung berapi di daerah tersebut terjadi sejak tahun lalu, dan berdasarkan dokumentasi pasukan Maritime Self-Defense Force Jepang, pulau tersebut termasuk dalam rangkaian Pulau Ogasawara. Pulau muda ini terletak 1.200 km di selatan daratan Jepang dan satu km dari Iwo Jima, yang dikenal sebagai tempat pertempuran sengit pada Perang Dunia II di Pasifik, merenggut nyawa ribuan tentara AS dan Jepang.

READ  Gegar Pembunuhan di Udara: Khasus Penumpang Vs Pramugari di Pesawat ANA