Sumenep: Destinasi Favorit di Jatim dengan 1,5 Juta Wisatawan

indotim.net (Sabtu, 13 Januari 2024) – Sumenep, sebuah kabupaten di Pulau Madura, Jawa Timur (Jatim), tidak hanya dikenal karena kekayaan budayanya yang kental, tetapi juga karena keindahan alamnya yang memukau. Pesona tempat ini mampu menarik perhatian banyak wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Kunjungan wisatawan ke Sumenep terus meningkat setiap tahunnya. Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, atau yang biasa disapa Cak Fauzi, menjelaskan bahwa pada tahun 2020, sebanyak 168.775 wisatawan mengunjungi Sumenep. Jumlah wisatawan ini kemudian meningkat menjadi 248.158 turis pada tahun 2021 dan 1.057.434 wisatawan pada tahun 2022. Pada tahun 2023, kabupaten paling ujung timur Pulau Madura ini dikunjungi oleh 1.533.385 wisatawan.

“Alhamdulillah, wisata di Sumenep semakin dikenal. Dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan, secara otomatis perekonomian masyarakat juga meningkat,” ujar Cak Fauzi dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/1/2024).

Cak Fauzi menjelaskan bahwa ia fokus pada pengelolaan pariwisata sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Cak Fauzi sadar betapa pentingnya kedatangan banyak orang sebagai penggerak usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Sumenep.

“Orang yang datang berwisata, pasti akan mengeluarkan uang untuk berbelanja, kuliner, hingga menginap. Ini akan menambah pendapatan asli daerah (PAD), termasuk membuat ekonomi rakyat semakin berputar,” ujar narasumber.

Cak Fauzi juga membuat kalender wisata sepanjang tahun. Dalam program ini, pihaknya turut mengajak masyarakat untuk menggelar berbagai macam pertunjukan, seperti karapan sapi hingga festival yang memamerkan kekhasan Sumenep juga Madura. Berkat ‘tangan dingin’ Cak Fauzi, kini Sumenep menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jatim.

Kesimpulan

Kesimpulannya, Sumenep menjadi destinasi favorit di Jawa Timur dengan jumlah wisatawan yang terus meningkat setiap tahunnya. Kekayaan budaya dan keindahan alam yang memukau menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan dari dalam dan luar negeri. Bupati Sumenep, Cak Fauzi, berhasil mengelola pariwisata dengan baik sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor pariwisata dan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Dengan adanya kalender wisata sepanjang tahun dan berbagai acara pertunjukan, Sumenep mampu memperkuat posisinya sebagai destinasi wisata yang menarik di Jatim.

READ  Relawan Anies dan Ganjar Kumpulkan Tanda Tangan Tolak Pemilu yang Curang