Kenali Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya yang Menarik!

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Tumbuhan multiseluler tersusun atas beberapa sel, jaringan, organ, dan sistem organ. Ternyata setiap tumbuhan memiliki organ yang mendukung kehidupannya. Organ-organ ini memberikan bentuk-bagian dan memiliki fungsi dan manfaat tertentu.

Organ tumbuhan terdiri dari jaringan-jaringan yang memiliki fungsi khusus seperti pendukung atau pengangkut. Dengan kata lain, organ tumbuhan adalah kumpulan jaringan yang bekerja sama untuk menjalankan fungsi tertentu, seperti fungsi reproduksi.

Mengutip dari buku Biologi SMA/MA Kelas XI karya Gunawan Susilowarno, dkk., organ-organ tersebut juga dapat mengalami modifikasi dan berubah menjadi bentuk lain, seperti akar yang berubah menjadi umbi, batang yang berubah menjadi rimpang atau umbi batang, dan daun yang dapat menjadi bunga atau buah.

Apa saja bagian tumbuhan dan fungsi masing-masing dari bagian-bagian itu? Berikut penjelasannya.

Bagian-bagian Tumbuhan

Berdasarkan buku Panduan Pembelajaran Biologi untuk SMA & MA Kelas XI yang disusun oleh Suwarno, berikut beberapa bagian/organ tumbuhan beserta fungsinya:

1. Akar

Akar merupakan organ tumbuhan yang memiliki bentuk yang menyebar dan letak yang bervariasi. Hal ini menyesuaikan dengan letak air yang dapat diserap oleh tumbuhan. Selain itu, akar yang menancap ke tanah juga menjadi penyokong untuk menahan tanaman agar tetap tumbuh tegak.

Akar merupakan organ tumbuhan yang memiliki bentuk yang menyebar dan letak yang bervariasi. Hal ini menyesuaikan dengan letak air yang dapat diserap oleh
tumbuhan
. Selain itu, akar yang menancap ke tanah juga menjadi penyokong untuk menahan tanaman agar tetap tumbuh tegak.

READ  Cerita Seru Risma Marahi Staf yang Sarankan Liburan Eksotis di Labuan Bajo

Adapun fungsi akar adalah:

  • Menyerap air dan zat hara dari tanah.
  • Memperkokoh berdirinya batang.
  • Menyimpan cadangan makanan.
  • Alat perkembangbiakan vegetatif.
  • Tempat melekatkan tubuh tumbuhan pada tanah atau substrat tempatnya.

2. Batang

Batang sebagai penopang utama tumbuhan memiliki beberapa bentuk. Namun, umumnya, batang berbentuk tegak dan lebih keras dibandingkan organ tumbuhan lainnya. Selain itu, struktur tersebut ada untuk melindungi jaringan berpembuluh di dalamnya, tempat transportasi air dan nutrisi berlangsung.

Adapun fungsi batang, yaitu:

  • Alat transportasi zat makanan dari akar ke daun, dan hasil asimilasi dari daun ke seluruh bagian tumbuhan
  • Alat perkembangbiakan vegetatif
  • Tempat menyimpan cadangan makanan
  • Tempat tumbuhnya daun, cabang, dan bunga

3. Daun

Organ tumbuhan yang menyimpan sebagian besar klorofil adalah daun. Hal ini karena peran utama daun sebagai penghasil makanan melalui proses fotosintesis. Bentuk daun yang melebar digunakan oleh tumbuhan untuk menangkap cahaya matahari yang digunakan pada proses fotosintesis.

Berikut beberapa fungsi daun:

  • Tempat berlangsungnya fotosintesis
  • Tempat menyimpan bahan makanan
  • Pada tumbuhan tertentu sebagai alat perkembangan vegetatif
  • Alat evaporasi (penguapan)
  • Respirasi (melalui stomata)
  • Menyerap energi cahaya matahari

4. Bunga

Bunga pada tumbuhan memiliki bentuk dan warna yang menarik serta indah. Fungsi bunga adalah menarik perhatian serangga agar dapat membantu penyerbukan tumbuhan. Bunga mengandung organ reproduksi jantan (stamen) dan betina (pistil), sehingga berperan sebagai alat pembentuk sel kelamin.

5. Buah

Buah adalah hasil dari proses reproduksi tumbuhan. Selain mengandung benih, buah juga berfungsi dalam penyebaran benih oleh hewan atau angin. Buah dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain buah tunggal (mangga, pepaya), buah agregat (murbei), dan buah majemuk (nanas, nangka, keluwih).

READ  Semakin Menarik, Fosil Bayi Penyu ini Disamakan dengan Karakter Pokemon

Beberapa buah memiliki fungsi penting sebagai sumber makanan manusia. Selain itu, buah juga berperan sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan melalui biji yang mengandung embrio atau lembaga. Selengkapnya dapat dilihat di sini.

Kesimpulan

Tumbuhan multiseluler tersusun atas beberapa sel, jaringan, organ, dan sistem organ yang memiliki fungsi dan manfaat tertentu. Organ-organ tumbuhan seperti akar, batang, daun, bunga, dan buah memiliki peran penting dalam kehidupan tumbuhan. Akar berfungsi sebagai penyerap air dan zat hara, serta menyokong pertumbuhan tanaman. Batang berperan sebagai penopang tumbuhan, alat transportasi zat makanan, dan tempat tumbuhnya daun, cabang, dan bunga. Daun merupakan organ penghasil makanan melalui proses fotosintesis dan juga tempat berlangsungnya penguapan dan respirasi. Bunga memiliki fungsi untuk menarik serangga sebagai pembantu penyerbukan, sementara buah berperan dalam reproduksi tumbuhan dan penyebaran biji. Dengan pemahaman mengenai bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya, kita dapat memahami betapa menariknya kehidupan tumbuhan.