Mangunan Jogja Spot Wisata Hutan Pinus

By | Agustus 13, 2021
Mangunan Jogja Spot Wisata Alam Tidak Jauh Dari Kota

Mangunan Jogja Spot Wisata Alam Tidak Jauh Dari Kota

What a lovely place. Hai sobat piknik. Kalo kamu lagi singgah di Jogja dan merasakan hawa panas kota Jogja, sebenarnya kamu ga perlu khawatir. Cuss aja ke daerah tenggara kota Jogja, hanya sekitar 20 an km kamu akan menemukan jejeran pohon pinus menjulang tinggi menyatu dengan alam untuk melepaskan penat dan kebisingan kota. Yes, walaupun siang bolong musim kemarau panjang, kamu tetep bisa menikmati sejuknya udara pinus di Bukit Pinus Mangunan. Sebetulnya, Mangunan Jogja tidak hanya hutan pinus, melainkan terdapat kebun buah juga.

Tempat ini adalah tempat yang sangat cocok buat kamu bersama keluargamu menghabiskan waktu. Eh, me time juga cocok sih sambil melupakan kenangan mantan. Ok deh, tanpa banyak basa-basi mimin mau ngasih tau dikit tentang wisata pohon pinus Mangunan ini, check it out.

Hutan Pinus Mangunan

Jogja, dengan sejuta pesonanya menyajikan kawasan hutan lindung seluas kurang lebih 500 Ha menjadi sebuah hutan ekowisata sejak 2014. Hutan Pinus Mangunan. Bukit Pinus Mangunan terletak di kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul Yogyakarta. Jika sobat piknik berada tepat di jantung kota Jogja, maka jarak tempuh ke Bukit Pinus Mangunan sekitar 25 an km.

Mangunan Jogja Spot Wisata Alam Tidak Jauh Dari Kota

Hutan Pinus Mangunan sangat terawat. Tempatnya bersih. Bahkan ada banyak tempat sampah juga. Jadi ga ada alasan buat buang sampah sembarangan lagi ya, hehe. Walapun pinus tempatnya tidak terlalu atas tapi tetap bisa lihat pemandangan ke bawah karena ada gardu pandangnya. Waktu yang tepat adalah menjelang matahari terbit kalau mencari spot foto keren untuk update di sosmed. Tapi karena baru buka jam 08.30, maka kamu harus bersabar ya sob.

Oh iya. Ada beberapa tempat yang ke sananya harus dengan mendaki. Tapi cukup aman kok, karena ada tangga batu yang landai dan  ada juga tempat untuk beristirahat.Tengah hutan terdapat ampitheater yang tersedia untuk pertunjukan seni. Selain itu, sekitar tempat parkir tersedia warung-warung kecil untuk membeli makanan minuman dan disediakan wi-fi juga tersedia toilet yang representatif. Wajib cobain pisang gorengnya hangat-hangat setelah mendaki hutan, mantappp. Tersedia juga penjualan biji jagung untuk memberi makan burung di pintu masuk.

READ  9 Destinasi di Kebun Raya Cibodas Cianjur

Hal inilah yang menyebabkan Hutan Pinus Mangunan digandrungi para remaja. Selain lokasinya yang instagramable, kesan romantis juga didapat. Harga tiket masuk yang dikenakan pengunjung Hutan Pinus Mangunan cukup murah, hanya Rp 3.000.

Tidak heran jika kawasan ini tak pernah sepi pengunjung. Kawasan ini menjadi incaran kalangan muda untuk berburu foto dengan spot terbaik. Terdapat beberapa spot foto yang tersedia seperti rumah pohon dan panggung alam sederhana. Panggung alam ini terletak di tengah hutan pinus, konstruksinya terbuat dari kayu. Bisa juga difungsikan untuk acara sekolah alam.

Dilengkapi dengan gardu pandang yang tinggi. Pengunjung harus naik untuk bisa berswafoto dan maksimal 2 orang yang boleh naik. Pemandangan di atas Hammock pengunjung bisa menikmati keindahan alam dari atas. Disini tersedia persewaan hammock dengan tarif yang relatif murah. Hanya merogoh kocek sebesar Rp 10.000 pengunjung bisa bersantai sambil tiduran menikmati teduhnya pepohonan.

Aktivitas ini merupakan salah satu favorit pengunjung, karena sedang tren dikalangan traveler. Hammock yang berwarna-warni terkesan kontras dengan latar hutan pinus. Pengelola menyediakan pemandangan yang tak kalah bagusnya berupa taman bunga di sisi selatan. Dengan menyusuri jalan setapak, pengunjung akan disuguhkan hamparan bunga berwarna-warni.

Pemandangan terbuka tersaji mengarah pada hamparan perbukitan di selatan Yogyakarta. Pada lokasi ini pemadangan hutan pinus tidak begitu tampak. Area taman bunga sebagai spot foto mungkin akan lebih menampakkan sisi feminim. Tidak heran jika lebih banyak perempuan yang mengabadikan foto disini.

Berkemah di tengah hutan pinus juga menjadi alternatif bagi sobat piknik yang ingin merasakan sensasi camping di hutan. Tak usah khawatir, pengelola menyediakan lokasi khusus berkemah dengan tenda dan ada banyak MCK di sekitarnya. Demikian mimin mengabarkan, salam sehat biar bisa terus piknik.

READ  Kebun Teh Tambi, Wisata Kebun Wonosobo

Mangunan Jogja Spot Wisata Alam Tidak Jauh Dari Kota

Kebun Buah Mangunan

Di dekat kota Jogja ada sebuah kebun di atas awan dengan ketinggian 200 an meter lho. Hayo sobat piknik ada yang tau ga itu ada di mana? Dan anehnya, pengunjung datang ke tempat ini bukan untuk membeli buah atau bibit pohon. Trus apa yang dicari dari tempat ini sob?! Yup. Kebun buah Mangunan.

Mangunan Jogja Spot Wisata Alam Tidak Jauh Dari Kota

Letak kebun buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan terletak di kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejak 2014, Kawasan hutan lindung Mangunan disulap oleh pemerintah setempat menjadi hutan ekowisata, di antaranya Hutan Pinus Mangunan, Puncak Becici, Puncak Tengger, Rumah Hobbit, dan Kebun Buah Mangunan. Perlu diketahui ya, jalanan menuju ke Kebun Buah Mangunan itu udah aspal halus, hot mix, dan ruasnya pun lebar.

Fyi, mimin juga udah pernah beberapa kali gowes ke sini lho, hehe, sombong dikit boleh ya… Mantap buat latihan durasi dan power. Jadi kamu ga perlu khawatir kalo misalnya pergi ke sana naik mobil dan mobilnya pun matic. Aman deh, selama ngikuti aturan penggunaan kendaraan. Untuk mencapai tempat ini, sobat piknik hanya butuh waktu sekitar 40 menit ya kalo dari pusat kota.

Mangunan amazon

Sejarah kebun buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan dibangun pemerintah kabupaten Bantul di atas tanah 23 hektar dan ditanami berbagai macam buah-buahan diantaranya, belimbing, rambutan dan durian. Belasan rusa juga dipelihara di tempat ini, dan pengunjung juga bisa memberikan makan.

Htm kebun buah Mangunan

Untuk menikmati fasilitasnya sobat piknik bisa membeli tiketnya dengan harga Rp 5.000 ,-.per orang pas weekday. Rp 6.000 ,- per orang ketika weekend. Tempat ini buka terus ya, ga ada liburnya. Buka dari jam 05.00 – 17.30 ya sob. Sangat murah bila dibandingkan dengan keindahan yang ditawarkan.

READ  Parangtritis Beach Pantai Dengan Bibir Pantai Terpanjang

Top view kebun buah Mangunan mirip Amazon

Satu hal yang menarik dari Kebun Buah Mangunan bukanlah buah yang begitu lebat nan banyak. Bukan, big no.. Adalah kalo sobat piknik datang lebih awal alias jam 05.00 pagi, maka sobat bisa melihat gumpalan kabut awan menyelimuti sungai Oya, membalut Pegunungan Sewu dilihat dari gardu pandang. Jika tebal, kabut bisa bertahan sampai jam 07.00. Inilah top value dari tempat ini. Inilah yang dicari para pengunjung di tempat ini sob, hunting kabut buat update sosmed. Mata seakan melihat lekukan anak sungai Amazon bak di google map, haha.

kabut mangunan

 Yang dicari dari kebuh buah Mangunan, bukan buahnya

Sobat piknik, akhir kata, mimin akan explore lebih banyak lagi surga-surga tersembunyi yang belum banyak dikenal. Nantikan ya sharing dari mimin, barangkali bisa buat referensi sobat piknik dikala mau melepas penat. Doakan semua sehat, termasuk sobat piknik. Stay safe, stay healthy biar bisa piknik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *