APLIKASI KAMERA DARI GOOGLE

By | September 25, 2022
APLIKASI KAMERA DARI GOOGLE

Google Camera atau yang biasa dikenal dengan GCam adalah salah satu aplikasi kamera dari google untuk OS Android. Aplikasi kamera dari google ini pertama kali dikembangkan pada tahun 2011 sebagai riset dari Komando Marc Levoy, seorang pegawai dari Google yang terlibat dalam pengembangan Google Class.

Di awal mula pengembangan, aplikasi ini dapat dijalankan di Android dengan versi 4.4 Kitkat ke atas. Tetapi, saat ini Google hanya berfokus pada optimasi GCam untuk ponsel Googel Pixel saja. Jadi, ponsel seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, dan sejenisnya tidak mendapat izin menggunakan aplikasi tersebut.

Karena diterbitkan oleh Google, aplikasi kamera ini tentu memiliki kualitas yang tentunya lebih unggul dari beragam jenis aplikasi kamera bawaan ponsel Android biasanya. Meskipun ada beberapa yang memiliki keunggulan serupa, namun aplikasi kamera dari google ini memiliki kualitas yang tidak dapat tertandingi.

Beberapa keunggulan tersebut akan dijelaskan dalam artikel ini secara lengkap. Jadi, untuk kalian yang penasaran dan ingin mencari tahu apa saja kelebihan dari aplikasi kamera google terbaik ini, baca sampai akhir, ya!

KEUNGGULAN FITUR GOOGLE CAMERA

  1. HDR+

Fitur HDR+ yang dimiliki oleh Google Camera sangatlah berbeda dengan fitur HDR yang ada pada kamera ponsel Android biasa. Dalam aplikasi Google Camera atau GCam, fitur HDR yang ada menggunakan teknik komputasi fotografi untuk menghasilkan dynamic range dengan level lebih tinggi dan lebih baik.

Fitur HDR+ ini dapat membidik gambar beruntun dengan eksposur pendek. Tak hanya itu, fitur ini juga menggunakan segmentasi citra untuk mendeteksi wajah dan membantu mencerahkan dengan bantuan lampu flash buatan, serta menggelapkan langit yang komposisinya terlalu terang.

Yang membuat fitur HDR ini lebih baik dari kamera Android biasa adalah dapat mengambil beberapa bidikan underexpose dan menyatukannya. Selain itu, fitur ini juga mampu mengurangi hasil jepretan yang memiliki noise dan meningkatkan warna sekaligus menghindari sorotan cahaya yang berlebihan.

  1. Night Sight

Fitur yang diunggulkan oleh Gcam selanjutnya adalah Night Sight. Adanya fitur ini dapat mengambil foto di kondisi yang gelap atau tanpa cahaya dan dapat disulap menjadi foto yang sangat jelas dan terang. 

READ  Cara Matiin Antivirus dengan Mudah

Keunggulan fitur ini tidak dapat dipungkiri karena menggunakan teknik seperti exposure stacking yang biasa digunakan dalam astrofotografi. Fitur ini juga menggunakan algoritma HDR+ yang dimodifikasi dan dapat memotret banyak gambar dalam banyak eksposur sehingga fitur ini dapat menyatukan gambar menjadi lebih terang.

  1. Photo Sphere

Fitur Photo Sphere adalah fitur yang membuat pengguna dapat memotret foto panorama 360 derajat. Foto ini memiliki kesan seolah-olah kita sedang berdiri di tempat gambar tersebut dipotret. Fitur ini akan tampak seperti yang ada di Google Maps sehingga gambar yang diambil dapat digeser untuk melihat sisi kanan, siri, dan sekelilingnya.

  1. Potrait Mode

Jika fitur kamera biasa Android menggunakan depth sensor pada fitur ini, GCam justru berhasil membuat fitur ini hanya dengan software saja. Google memanfaatkan teknologi Dual Pixel yang dapat membuat fokus objek dapat ditangkap sangat baik dan mampu mengidentifikasi sumber objek utama.

Wah, aplikasi kamera dari google ini memiliki fitur yang sangat menarik bukan? Tak hanya menarik, fitur dari aplikasi Google Camera juga dapat membuat hasil foto kalian jadi lebih profesional. Selain feature bawaan tersebut, Google juga memiliki feature untuk membuat suara. Tertarik untuk mencoba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *