Mengenal Anatomi Bunga dan Peran Pentingnya

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Bunga adalah bagian dari tanaman yang paling unik, cantik, dan menarik. Keunikannya dapat dilihat dari ukuran, susunan, dan struktur bunga yang bervariasi.

Bagian-bagian bunga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sebelum mengetahui bagian bunga dan fungsinya, mari berkenalan terlebih dahulu dengan bunga.

Apa Itu Bunga?

Bunga adalah hasil modifikasi dari batang dan daun. Warna, bentuk, dan susunan bunga akan berubah sesuai dengan kebutuhan tumbuhan itu sendiri, seperti dijelaskan oleh Muhammad Saleh dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) IPA SMP Kelas 8, Kemendikbud.

Fungsi bunga adalah sebagai organ reproduksi, tempat berlangsungnya penyerbukan dan pembuahan. Proses tersebut nantinya akan menghasilkan alat-alat perkembangbiakan.

Sehingga bunga memiliki peran penting bagi tumbuhan. Di samping itu, bunga juga memiliki sifat-sifat yang dapat menyokong pelaksanaan fungsinya dalam proses perkembangbiakan.

Sifat-sifat bunga secara umum di antaranya:

  1. Bunga identik dengan warna yang menarik
  2. Umumnya bunga memiliki keharuman
  3. Memiliki bentuk yang bervariasi
  4. Bunga biasanya juga memiliki madu

Bagian-bagian Bunga

Bunga terdiri dari dua bagian, yaitu fertil dan steril. Bagian fertil mencakup mikrosporofil yang berperan sebagai benang sari dan makrosporofil yang berperan sebagai putik yang tersusun atas daun buah.

Bagian steril dari bunga meliputi ibu tangkai bunga, tangkai bunga, dasar bunga, daun pelindung, daun tangkai, dan perhiasan bunga. Perhiasan bunga terdiri dari daun kelopak dan daun mahkota.

READ  Program Prakerja: Meningkatkan Ketahanan Warga Pesisir terhadap Perubahan Iklim

Bagian-bagian bunga beserta fungsinya:

  • Benang sari (stamen)

    Benang sari merupakan alat kelamin betina bunga. Alat kelamin ini adalah daun fertil yang terdiri atas kepala sari yang berisi serbuk sari, dan tangkai sari serta pendukung kepala sari.

    Foto

    Ini Fakta Menarik di Balik Bunga Mawar Hitam dalam Asmara & Kehidupan

  • Daun buah (carpell)

    Daun buah juga merupakan daun fertil yang berfungsi sebagai pendukung makrospora berupa bakal biji (ovulum). Bakal biji tersebut secara kolektif akan membentuk putik (pistill).

  • Tangkai induk atau ibu tangkai bunga (pedunculus)

    Mengutip buku Anatomi Tumbuhan karya Rizki Nisfi Ramdhini, tangkai bunga adalah awal bagian bunga yang juga merupakan lanjutan dari batang atau cabang.

  • Tangkai bunga (pedicellus)

    Tangkai bunga adalah cabang terakhir yang berfungsi sebagai penyokong bunga.

Dasar bunga (receptacle)

Dasar bunga adalah ujung tangkai bunga yang berperan sebagai tempat bertumpunya batang dan tumbuhnya perhiasan bunga.

Daun pelindung (bractea)

Daun pelindung adalah daun terakhir. Akan tumbuh bunga pada bagian ketiak daun pelindung.

Daun tangkai (bracteola)

Daun tangkai adalah daun pelindung yang berada di bagian pangkal tangkai bunga.

Daun kelopak (sepal)

Daun kelopak biasanya memiliki warna hijau serta berkelompok untuk membentuk kelopak bunga (calyx). Daun kelopak juga merupakan daun perhiasan bunga yang paling pangkal.

Daun mahkota atau daun tajuk (petal)

Daun mahkota adalah daun perhiasan bunga dengan warna yang bervariasi. Mahkota bunga (corolla) terbentuk atas sekumpulan daun mahkota.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah mengenal anatomi bunga dan memahami peran pentingnya dalam perkembangbiakan tumbuhan. Bunga adalah hasil modifikasi dari batang dan daun, dan memiliki fungsi sebagai organ reproduksi. Selain itu, bunga juga memiliki sifat-sifat menarik seperti warna yang menarik, keharuman, bentuk yang bervariasi, dan madu. Bagian-bagian bunga terdiri dari fertil dan steril, serta memiliki peran masing-masing. Benang sari dan daun buah adalah bagian fertil, sementara tangkai induk, tangkai bunga, dasar bunga, daun pelindung, daun tangkai, daun kelopak, dan daun mahkota adalah bagian steril. Dengan memahami anatomi bunga, kita dapat lebih mengapresiasi keindahan dan pentingnya bunga dalam ekosistem.

READ  8 Filosofi Mawar Putih yang Menakjubkan, Lambang Kesucian Abadi

Link terkait:
Wanita Ini Menghemat Biaya Makan dengan Kreatifitas Bunga dan Daun
Polisi Berbagi Kejutan di Hari Valentine: Bunga, Cokelat, dan Helm Gratis untuk Pengendara