Mengenal Keistimewaan Bunga Kitolod, Yuk! Ciri, Manfaat dan Seluk Beluk Phenakospermum guyannense

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Berbagai macam tumbuhan memberikan manfaat bagi manusia, salah satunya adalah bunga Kitolod. Tanaman asal Hindia Barat ini juga dikenal dengan sebutan daun tolod, sangkobat, kendali, dan korenjat.

Kandungan dalam bunga Kitolod dimanfaatkan sebagai obat untuk berbagai penyakit. Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai tanaman tersebut.

Mengenal Bunga Kitolod

Bunga Kitolod tumbuh liar di sepanjang saluran air atau sungai, pematang sawah, sekitar pagar, dan tempat-tempat lembab lainnya yang terbuka. Menurut laman farmasi UGM, tumbuhan ini dapat ditemui mulai dari dataran rendah hingga daerah dengan ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Menurut buku Khasiat dan Manfaat Kitolod, Penakluk Gangguan pada Mata yang ditulis oleh Iskandar Ali, SE, Kitolod juga sering disebut dengan beberapa nama lain seperti Star of Bethlehem, Madam Fate, dan Star Flower. Hampir seluruh bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai obat, termasuk bunga, batang, dan hampir seluruh bagian tanaman lainnya.

Ciri-ciri Bunga Kitolod

Bunga Kitolod mungkin masih asing di telinga masyarakat jika dibandingkan dengan tanaman herbal lainnya. Berikut adalah ciri-ciri dari bunga Kitolod, termasuk daun, batang, dan buahnya.

  1. Bunga kitolod tumbuh tegak dengan tangkai panjang, keluar dari ketiak daun, dan memiliki mahkota berbentuk bintang berwarna putih.
  2. Daunnya tunggal, berbentuk lanset dengan permukaan kasar. Ujungnya runcing, pangkalnya menyempit, tepinya melekuk ke dalam, bergigi hingga melekuk menyirip. Panjang daun berkisar antara 5-17 cm dengan lebar 2-3 cm dan berwarna hijau.
  3. Tinggi tanaman ini sekitar 50 cm dan memiliki bentuk semak. Tanaman ini tumbuh dalam satu musim.
  4. Batangnya bulat, berkayu, dan berwarna hijau.
  5. Buahnya berbentuk lonceng berwarna hijau dengan biji berbentuk bulat telur. Ukurannya kecil dan berwarna putih
READ  BPKH Gandeng PT Pos, Mengembangkan Bisnis Haji dan Umrah ke Persebaran Saudi

Manfaat Bunga Kitolod beserta Daunnya untuk Kesehatan

Bunga kitolod beserta daunnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari pengobatan mata, kanker, hingga luka.

1. Menjadi Obat Mata

Menurut laman Farmasi UGM, bunga kitolod digunakan sebagai obat tetes mata. Dilansir dari academia. edu oleh Pongky Sitanan, cara penggunaan bunga ini untuk mengobati mata adalah dengan mengambil beberapa bunga kitolod hingga ke pangkal tangkai bunga.

Lalu, rendam dengan air bersih selama beberapa menit. Teteskan air dari ujung tangkai bunga ke mata sebanyak 2-3 tetes. Lakukan 3x sehari.

2. Mengobati Kanker

Antioksidan bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker, penyempitan pembuluh darah, dan penuaan dini. Menurut penelitian berjudul Fitokimia dan Farmakologi Tumbuhan Kitolod (Isotoma Longiflora Presi) oleh Andi Permana dkk dari Universitas Buana Perjuangan Karawang, kitolod memiliki kandungan metabolit sekunder golongan flavonoid, fenolik, steroid, dan alkaloid. Hal ini membuktikan bahwa kitolod mengandung antioksidan yang dapat memutus reaksi berantai dari radikal bebas, sehingga dapat mencegah kerusakan jaringan.

3. Mengatasi Sakit Gigi

Daun kitolod bisa digunakan untuk menghilangkan nyeri akibat sakit gigi. Caranya adalah dengan menumbuk dua lembar daun kitolod hingga halus, lalu letakkan pada gigi yang berlubang.

4. Mengobati Radang Tenggorokan hingga Asma

Daun kitolod sering digunakan untuk membantu mengobati radang tenggorokan, bronkitis, dan asma. Caranya adalah dengan merebus 2-3 helai daun kitolod yang bersih. Kemudian, saring dan minum airnya 2x sehari.

5. Mengobati Luka

Tanaman kitolod juga dapat digunakan sebagai obat untuk luka ringan, seperti lecet. Caranya adalah dengan menumbuk daun kitolod hingga halus, kemudian balurkan pada area luka dan sekitarnya.

Itulah penjelasan mengenai bunga kitolod. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

READ  Menakjubkan: 5 Contoh Ilmu Kimia dalam Kesehatan

Kesimpulan

Bunga Kitolod adalah tanaman asal Hindia Barat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tanaman ini dapat ditemui di daerah terbuka yang lembab dan tumbuh dalam satu musim. Bunga Kitolod memiliki ciri khas seperti kelopak berbentuk bintang berwarna putih. Selain itu, hampir semua bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai obat, termasuk bunga, batang, dan daunnya. Manfaat bunga Kitolod antara lain sebagai obat mata, pengobatan kanker, mengatasi sakit gigi, mengobati radang tenggorokan dan asma, serta mengobati luka. Dengan demikian, pengetahuan mengenai bunga Kitolod bisa menjadi tambahan informasi yang bermanfaat bagi kita.