Kebun Binatang Ragunan Rekreasi Ibukota

By | September 15, 2022
Kebun Binatang Ragunan

Siapa yang tak kenal kebun binatang Ragunan.  Wisata satu ini memang sudah terkenal sejak dulu kala karena sudah berdiri sejak tahun 1864 silam. Jika dihitung,  usia kebun binatang Ragunan sudah mencapai umur 158 tahun.  Umur yang sudah sangat tua,  namun pesona dan daya tariknya tidak pernah mati termakan usia. 

Tidak hanya menjadi tempat wisata,  Ragunan juga dijadikan sebagai lokasi penelitian karena di dalamnya terdapat sekitar 295 spesies hewan dengan jumlah mencapai 2.000 ekor dan 20.000 jenis tanaman dan saling hidup berdampingan. Luas area wisata ini berdiri di tanah seluas 140 ha.  Mirip sebuah kebun raya

Mau tau sekilas info menarik tentang kebun binatang Ragunan?  Yuk simak informasi selengkapnya disini:

Sekilas tentang Kebun Binatang Ragunan

Kalau melihat sejarah pendirian Ragunan,  tentu ada banyak sekali kisah menarik yang bisa didapatkan.  Kebun binatang yang berdiri di Jakarta Selatan ini dibangun diatas tanah milik Raden Saleh.  Sepanjang pendiriannya,  Ragunan sudah berulang kali berganti nama dan adapun nama awalnya adalah Planten En Dierentuin yang memiliki arti Tanaman & Kebun Binatang.

Perubahan nama baru terjadi beberapa tahun kedepan tepatnya pada tahun 1949 dan diganti menjadi kebun binatang Cikini.  Lalu pada tahun 1949, Cikini dipindahkan ke Ragunan atas hibah tanah seluas 30. Kemudian pada tahun 1966, diubah kembali namanya menjadi Taman Margasatwa Ragunan dan dipakai hingga saat ini. 

Ada apa saja di Ragunan

Sebagai tempat wisata yang anak friendly,  tentu banyak sekali wahana yang bisa dinikmati bersama si kecil.  Apa saja wahana dan atraksi yang bisa dinikmati?  Yuk simak informasinya berikut ini:

a. Taman Satwa Anak

Sesuai namanya,  taman satu ini diharuskan untuk edukasi kepada anak karena terdapat banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik di dalamnya. Ada ikan raksasa arapaima gigas,  burung kakatua yang pintar bicara,  ada kapibara jenis rodentia (satwa pengerat),  serta ada mini terrarium yang didalamnya ada ular condro phyton.  Tiket masuknya murah saja,  kamu hanya perlu mengeluarkan budget Rp 2.500 saja. 

READ  Kebun Teh Tambi, Wisata Kebun Wonosobo

b. Pentas Satwa

Berikutnya yang tak kalah menarik ada pentas satwa.  Beberapa hewan bisa kamu lihat melakukan atraksi yang sangat menarik.  Seperti kakatua yang sedang bermain gelang berwarna warni.  Ada Pula beruang yang naik sepeda,  dan banyak lagi lainnya. Tiketnya cukup murah,  per orangnya hanya dikenakan biaya Rp 4000 saja. Wahana ini mulai dibuka jam 10.00 hingga 15.00 WIB.

c. Sarana Rekreasi

Berbagai atraksi dan sarana rekreasi juga bisa dinikmati di Kebun Raya Ragunan ini.  Mulai dari kereta keliling,  gajah dan unta yang bisa ditunggangi,  perahu angsa,  sewa perahu,  dan lainnya. Tiket per atraksi dipatok dengan harga yang berbeda. Tentu kegiatan ini sangat disenangi anak-anak karena jarang ditemukan di tempat wisata lainnya.

d. Pusat Primata

Berikutnya yang tak boleh dilupakan saat berkunjung ke Kebun Raya Ragunan adalah Pusat Primata Schmutzer. Tempat ini merupakan area konservasi primata Indonesia. Bahkan,  hampir keseluruhan jenis primata yang hidup di Indonesia ada di pusat konservasi ini.  Mulai dari primata eksoteris,  dan beberapa primata yang jumlahnya sangat langka dan dilindungi oleh pemerintah. 

e. Taman Refleksi

Masih satu lokasi dengan wahana sebelumnya,  taman refleksi juga bisa jadi pilihan kamu untuk bersantai dan menenangkan diri.  Pasalnya,  di tempat ini ada bebatuan yang secara khusus didesain sebagai alat refleksi.  Kamu bisa mengunjungi wahana ini pada sore atau pagi hari.  

f. Naik Bendi

Ada yang sudah pernah naik kuda bendi?  Kendaraan ini sudah ada sejak dulu kala dan bahkan jadi kendaraan yang sangat difavoritkan masyarakat.  Selain karena tidak ada pilihan lain saat itu,  bendi bisa mempermudah mobilitas seseorang.  Jika kamu ingin merasakan sensasi tradisional ala orang lampau,  menaiki bendi adalah pilihan yang bagus.

READ  Mangunan Jogja Spot Wisata Hutan Pinus

Setiap bendi mampu menampung hingga empat orang penumpang.  Buka mulai jam 10 pagi hingga 3 sore.  Setiap kepala yang ingin naik hanya diwajibkan membayar sekitar Rp10.000 saja.  Sangat Terjangkau bukan? 

Selain itu,  anak kecil juga bisa menunggangi kuda poni yang ukurannya mini.  Pasti anak-anak akan sangat excited dengan kegiatan ini. 

g. Sepeda Ganda

Merupakan wahana yang bisa membuat kamu melihat pemandangan Ragunan dengan sudut pandang yang berbeda. Tak hanya kebun teh Tambi saja. Di sini kamu bisa bersepeda sambil menikmati aneka wahana dan flora fauna yang ada di dalam area wisata ini. 

Untuk yang ingin sekedar berjalan-jalan dan menikmati udara segar,  sepeda tunggal bisa jadi pilihan tepat. 

h. Taman Anggrek

Terakhir ada taman anggrek yang menyuguhkan pemandangan bunga nan cantik.  Ini bisa tempat foto-foto dengan background bunga yang disukai wanita dan kebanyakan orang.  

Lokasi dan Rute Kebun Raya Ragunan

Wisata satu ini berdiri bawa dia tanah seluas 147 hektar dan menyuguhkan banyak sekali wahana bermain dan juga pengalaman yang edukatif tentunya.  Untuk lokasi tepat berada di Jl. Harsono RM no. 1 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Akses menuju ke sini sangatlah mudah. 

Kamu bisa menggunakan KRL (kereta Api Listrik)  dari lalu berhenti di stasiun terdekat Ragunan, yaitu KRL Tanjung Barat. Melanjutkan perjalanan menggunakan layanan Transjakarta maupun transportasi online lainnya.  Jika menggunakan Transjakarta, berarti kamu berhenti di halte Ragunan,  bisa langsung sampai tanpa menggunakan kendaraan lagi. 

Apa Saja Syarat Masuk Kebun Raya Ragunan? 

Syarat pengunjung mengalami beberapa perubahan,  terutama di era pandemi ini.   Kebun Raya Ragunan menerapkan pemesanan tiket secara online yang biaa dipesan melalu link bit.ly/PesantiketTMR.

READ  Parangtritis Beach Pantai Dengan Bibir Pantai Terpanjang

Untuk syarat masuknya sendiri diambil dari instagram Taman Margasatwa Ragunan ada beberapa yang harus dipenuhi oleh pengunjung, diantaranya:

  • Sudah vaksin (bagi dewasa dosis lengkap pertama & kedua.  Untuk anak 6-12 tahun bisa membawa bukti vaksin dosis pertama) 
  • Wajib menggunakan masker
  • Jumlah pengunjung masih dibatasi,  yakni sekitar 75%
  • Semua usia bisa namun untuk anak dibawah umur tetap dalam pengawasan orang tua
  • Kebun Raya Ragunan beroperasi setiap Selasa-minggu pada pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. 

Harga Tiket Masuk Ragunan

Harga tiketnya sendiri dibedakan atas beberapa kategori.  Berikut ini informasi lebih rincinya:

  • Harga masuk per orang,  dewasa Rp 4.000, sedangkan anak-anak Rp 3.000 per orang
  • Kendaraan roda dua Rp 3.000, roda empat Rp 6.000, sepeda Rp 1.000, bus sedang Rp12.500, dan bus besar Rp15.000
  • Children zoo,  untuk orang dewasa dan anak kecil wajib membayar Rp 2.500
  • Pusat primata schmutzer,  untuk weekend dewasa dan anak-anak dikenakan biaya Rp 7.500, sedangkan saat weekday tiketnya dikenakan biaya Rp 6000 saja. 

Keseluruhan biaya di tadi harus dibayarkan melalui JakCard.  Jadi,  kamu harus memilikinya seharga Rp 35.000 dan saldo sebesar Rp 20.000. Saldo bisa di top up sesuai dengan kebutuhan kamu,  minimal 10 ribu dan kelipatan. JakCard ini bisa dipakai untuk beberapa orang. 

Nah itulah beberapa informasi seputar Kebun Raya Ragunan.  Tempat ini wajib masuk list mingguan untuk berlibur bersama keluarga maupun teman ya.  Kamu tidak sedang berlibur saja,  sebab ada banyak pengetahuan baru yang bisa didapatkan di sini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *