Bunga Sedap Malam: Cerita, Khasiat, dan Keunikan

indotim.net (Selasa, 14 November 2023)Bunga sedap malam memiliki nama latin Polianthes tuberosa. Dalam bahasa Inggris, bunga sedap malam disebut tuberose. Wangi yang menyegarkan dari bunga ini membuatnya banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Di balik itu, bunga sedap malam memiliki sejumlah mitos yang berkembang di masyarakat. Dalam artikel ini, kita ulas apa saja mitos tersebut sekaligus fakta-fakta menarik, manfaat, serta ciri-ciri bunga sedap malam.

4 Mitos Bunga Sedap Malam

Berikut ini empat mitos mengenai bunga sedap malam yang berkembang di masyarakat:

1. Dikaitkan dengan Makhluk Halus

Mitos yang paling sering kita dengar adalah aroma bunga sedap malam merupakan pertanda kedatangan makhluk halus. Makanya bunga sedap malam ini juga sering dikaitkan dengan ritual memanggil makhluk halus.

2. Didatangi Malaikat

Mitos berbeda tentang bunga ini adalah aromanya disukai malaikat sehingga malaikat akan senang di rumah orang yang menanam bunga sedap malam.

3. Disukai Nyi Roro Kidul

Selanjutnya, bunga sedap malam disebut merupakan kesukaan ratu pantai selatan Nyi Roro Kidul, selain bunga melati dan kantil. Bunga-bunga ini sering digunakan untuk ritual terkait Nyi Roro Kidul. Tanaman Bunga ini sering digunakan untuk ritual terkait Nyi Roro Kidul.

READ  Kain Batik Terbuang Jadi Karya Spektakuler!

4. Membuat Panjang Umur

Sebagian orang percaya bahwa menanam bunga sedap malam dapat membuat panjang umur dan dijauhkan dari penyakit dan kecelakaan yang bisa mengancam nyawa.

Fakta Bunga Sedap Malam

Setelah mengetahui mitos-mitos di atas, sekarang kita ulas berbagai fakta bunga sedap malam yang dilansir dari flowers.org.uk dan situs Kementerian Pertanian.

1. Bukan Keluarga Mawar

Meski bernama Polianthes tuberosa, bunga ini tidak ada hubungan keluarga dengan Rosa (mawar). Justru bunga sedap malam masuk dalam famili Agavaceae atau keluarga asparagus.

2. Bisa Hidup di Tempat Gelap

Bunga sedap malam termasuk dalam golongan tanaman skototropik, yaitu tanaman yang bisa tumbuh dalam kondisi gelap. Dinamakan sedap malam karena bunga ini biasanya mengeluarkan aroma wangi saat malam hari.

3. Digunakan Sebagai Pewangi Ruangan

Karena aromanya yang harum dan menenangkan, bunga ini cocok ditanam di dalam ruangan. Bunga ini bisa menjadi pewangi alami.

4. Tahan Lama

Kesegaran bunga sedap malam dapat bertahan lama meskipun sudah dipotong dari akarnya. Bunga ini bisa tetap segar hingga 10 hari, bahkan mungkin lebih.

5. Mekarnya Tidak Bersamaan

Jika ingin mengamati, bunga ini tidak mekar secara bersamaan atau serempak. Bunga akan mekar terlebih dahulu di bagian bawah, kemudian baru kuntum di atasnya secara berurutan.

6. Bahan Dasar Parfum

Karena aromanya yang khas, bunga ini juga digunakan sebagai bahan dasar parfum. Bunga ini disuling untuk mendapatkan minyak asiri yang kemudian diolah menjadi parfum.

Di Prancis Selatan, bunga ini sudah sejak lama ditanam dan dimanfaatkan untuk parfum.

7. Dipakai dalam Upacara Adat

Di luar negeri, bunga ini sering digunakan dalam berbagai upacara keagamaan. Upacara pernikahan tradisional Hawaii menggunakan bunga ini untuk dipakai mempelai wanita.

READ  Polisi Ungkap Kejadian Bullying Siswa di SMA Internasional, Ternyata Terjadi 2 Kali dalam 'Tradisi' Kelam

Dalam upacara pernikahan India, bunga ini dipasang sebagai dekorasi. Di zaman Victoria, bunga ini digunakan untuk pemakaman.

Manfaat Bunga Sedap Malam

Menurut Organic Facts, berikut adalah 8 manfaat bunga sedap malam untuk kesehatan:

  1. Bunga sedap malam memiliki sifat antispasmodik dan membantu mengurangi kram dan batuk, sehingga bermanfaat untuk pengobatan influenza atau pilek.
  2. Bunga sedap malam bersifat antimikroba dan dapat digunakan untuk melawan infeksi kulit, seperti psoriasis, eksim, atau jerawat.
  3. Aroma bunga sedap malam yang menenangkan dapat digunakan sebagai antidepresan, meningkatkan relaksasi, dan mencegah insomnia.
  4. Bunga sedap malam dapat meningkatkan peredaran darah, meningkatkan libido, dan stamina.
  5. Mempunyai sifat antiseptik dan anti-mual.
  6. Dapat digunakan dalam pengobatan katarak.
  7. Meringankan gejala anemia.
  8. Membantu mengobati gejala radang tenggorokan karena memiliki sifat antiinflamasi.

Ciri-ciri Bunga Sedap Malam

Berikut ini adalah ciri-ciri fisik dari bunga sedap malam yang dikutip dari situs Kementan:

Pohon

Bunga sedap malam tumbuh merumpun dengan tinggi berkisar antara 0,5 hingga 1,5 meter.

Serumpun batangnya bisa tumbuh dari satu atau beberapa umbi induk dan umbi anak. Umbi ini adalah batang semu yang juga berfungsi sebagai penyimpan makanan. Berikut adalah aksi yang tidak terduga saat salah membawa Tape Ketan saat ziarah ke makam. Selain itu, ada juga wanita yang menghemat biaya makan dengan kreativitas bunga dan daun.

Daun

Daun bunga sedap malam memiliki bentuk panjang pipih dan berwarna hijau.

Daun ini mengkilap di bagian atas dan berwarna hijau muda di bagian bawah. Pada pangkal daun terdapat bintik-bintik agak kemerahan. Ukuran daun mencapai 60 cm.

Tangkai

Tangkai bunga tumbuh di ujung tanaman, berbentuk memanjang dan beruas-ruas. Pada setiap ruasnya tumbuh daun bunga.

READ  KSAD Rencanakan Pembenahan di 15 Pos Brimob Papua: Harapan Bersama

Setiap tangkai bunga terdapat 5-12 kuntum bunga, atau bahkan lebih. Mahkota bunga memiliki warna putih dengan sedikit kemerahan di ujungnya.

Demikianlah ulasan mengenai bunga sedap malam yang mencakup mitos, fakta, dan berbagai manfaatnya untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat.