Mengenal Passion Flower: Manfaat dan Efek Sampingnya

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Nama passion flower mungkin belum banyak dikenal di Indonesia. Namun, berbeda dengan wilayah yang beriklim dingin seperti dataran Eropa, jenis bunga ini dikenal sebagai obat alternatif untuk mengatasi stres.

Dikutip dari European Medicines Agency (EMA), passion flower adalah tanaman merambat dengan nama latin Passiflora incarnata L. Di Eropa, bunga ini telah digunakan sebagai pengobatan herbal selama 15 tahun. Anda dapat menemukan lebih banyak informasi tentang manfaat dan penggunaan tanaman herbal ini di https://indotim.net/tag/manfaat/ dan juga bisa melihat koleksi foto menarik tentang tanaman di https://indotim.net/category/foto/.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang bunga yang namanya terinspirasi dari kisah misionaris Spanyol ini.

Apa Itu Passion Flower?

Mengutip Britannica, sebagian besar spesies passion flower ditemukan di seluruh wilayah neotropik Amerika. Keluarga tanaman ini juga dikenal dengan nama passiflora, dengan ciri utama memiliki sulur untuk merambat.

Menurut Healthline, ada sekitar 500 spesies passion flower yang dikenal. Beberapa dari tanaman ini dibudidayakan sebagai tanaman hias, dimakan buahnya, atau pengobatan. Sebagai contoh, Passiflora incarnata dapat mengobati kecemasan dan insomnia.

Penduduk asli Amerika sendiri menggunakan passion flower untuk mengobati berbagai kondisi mulai dari bisul, luka, sakit telinga hingga masalah hati. Sementara, di Eropa, orang-orang menggunakannya untuk mengobati kegelisahan dan agitasi.

Passion flower diperkenalkan ke pengobatan rakyat Eropa. Meski begitu, menurut Pusat Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif (NCCIH), penelitian lebih lanjut diperlukan untuk meninjau potensi penggunaan passion flower.

READ  Tiba di Sorong, Zulhas Disambut Meriah oleh Ribuan Masyarakat Papua

Manfaat Passion Flower

Passion Flower berpotensi dapat membantu menenangkan pikiran hingga menenangkan perut. Berikut penjelasannya:

1. Mengatasi Insomnia

Pada sebuah studi, passion flower spesies Passiflora incarnata disebut dapat membantu meringankan insomnia. Senyawa ini menurunkan aktivitas otak yang bisa membantu membuat rileks dan tidur lebih baik.

Sebuah uji coba telah membuktikan manfaat bunga ini di sebuah penelitian fitoterapi. Para peserta meminum dosis harian teh herbal dengan passion flower. Setelah tujuh hari, mereka merasakan peningkatan dalam kualitas tidur.

2. Menghilangkan Kecemasan

Passion flower selain dapat meningkatkan kualitas tidur, juga terbukti efektif dalam menghilangkan kecemasan. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Anestesi dan Analgesia, passion flower dikaji pada pasien yang akan menjalani operasi. Hasilnya, pasien yang mengonsumsi passion flower melaporkan mengalami penurunan kecemasan.

3. Mengobati Masalah Perut

Spesies lain dari passion flower, yaitu Passiflora foetida, diketahui memiliki kemampuan dalam mengobati masalah perut. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Farmakologi India, peneliti menemukan potensi passion flower dalam membantu meredakan tukak lambung pada tikus.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Jurnal BioMed Internasional, menguji spesies passion flower yang lain, yaitu Passiflora serrato digidata. Para ilmuwan berhasil membuat ekstrak dari daun dan batang tanaman ini.

Ternyata, ekstrak dari passion flower ini juga terbukti dapat mengobati tukak lambung pada tikus. Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan untuk memastikan efektivitasnya.

Efek Samping Passion Flower

Menurut NCCIH, passion flower umumnya dianggap aman. Namun, terdapat efek samping yang mungkin dapat dirasakan, di antaranya:

  • Mual
  • Muntah
  • Pusing
  • Kantuk

Pada umumnya, efek samping ini bersifat ringan dan hilang dengan sendirinya. Namun, jika efek samping tersebut berlanjut atau mengganggu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan.

  • Kantuk
  • Pusing
  • Kebingungan
READ  Anies: Jangan Terburu-Buru Ambil Kesimpulan, Polarisasi tidak Selalu Menyebabkan Perpecahan

Bagian ini memberikan informasi mengenai efek samping yang dapat terjadi setelah mengonsumsi passion flower. Beberapa efek samping tersebut antara lain adalah kantuk, pusing, dan kebingungan. Namun, perlu diingat bahwa passion flower tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat penenang. Selain itu, bunga ini juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan kontraksi. Meskipun demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui secara jelas apakah bunga ini aman bagi ibu menyusui.

Itulah informasi mengenai passion flower mulai dari manfaat hingga efek sampingnya. Semoga penjelasan ini dapat memberikan pemahaman lebih mengenai tanaman ini.

Kesimpulan

Nama passion flower mungkin belum banyak dikenal di Indonesia, namun di Eropa bunga ini telah digunakan sebagai pengobatan herbal selama 15 tahun. Passion flower memiliki banyak manfaat, seperti membantu mengatasi insomnia, menghilangkan kecemasan, dan mengobati masalah perut. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa passion flower juga dapat memiliki efek samping seperti mual, muntah, dan kantuk. Oleh karena itu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum mengonsumsinya.