6 Varietas Bunga Dahlia yang Menawan, Kuat di Bawah Terik Matahari, dan Tak Berbau

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Bagi pecinta bunga, tentu sudah tidak asing dengan keindahan bunga dahlia. Bunga nasional Meksiko ini memiliki tampilan cantik dengan beragam bentuk, warna, dan ukuran.

Karena keindahannya, banyak orang yang membudidayakan tanaman ini secara komersial maupun sebagai hiasan di rumah. Bunga dahlia dapat dengan mudah ditemukan di pasar bunga, taman, dan digunakan dalam acara pernikahan.

Bagi yang tertarik untuk memelihara atau ingin mengetahui lebih detail tentang bunga dahlia, berikut adalah informasi seputar fakta menarik dan jenis-jenisnya. Informasi ini juga akan disertai cara budidaya bunga dahlia yang tidak sulit.

Fakta Menarik Bunga Dahlia

Bunga dahlia memiliki beberapa fakta menarik yang membuatnya disukai oleh para pecinta bunga. Berikut ini penjelasannya:

1. Berasal dari Pegunungan Meksiko

Bunga dahlia adalah tanaman hias yang berasal dari pegunungan Meksiko. [Tanaman Hias] Dahlia juga dijadikan sebagai bunga nasional Meksiko dan pertama kali tercatat di negara tersebut pada tahun 1615.

READ  Pohon-pohon Ramah Rumah yang Patut Dipertimbangkan

Umbi bunga dahlia pertama kali dikirim ke Eropa oleh pemukim Spanyol yang berada di Meksiko. Dahlia termasuk tanaman hias yang terlambat dibudidayakan. Di Eropa, budidaya tanaman ini dimulai pada tahun 1789.

Perkembangan bunga dahlia sebenarnya lambat, namun pada tahun 1841 sudah ada 1.200 varietas bunga dahlia. Di Indonesia, dahlia pertama kali didatangkan ke Jawa Barat dari Belanda pada masa penjajahan abad ke-19.

2. Memiliki Banyak Varietas

Saat ini, bunga dahlia memiliki setidaknya 30 spesies dan lebih dari 20.000 kultivar bunga. Kultivar tersebut dikategorikan berdasarkan pola bunga, ukuran, dan kemiripannya dengan bunga lainnya. Anda bisa menemukan lebih banyak informasi tentang bunga terbesar di dunia dan juga makna bunga daisy yang menarik di Indotim.

3. Mulanya Digolongkan Sebagai Sayuran

Fakta menarik berikutnya tentang bunga dahlia adalah dulunya pernah diklasifikasikan sebagai sayuran. Seorang ahli botani Swedia abad ke-18, Anders Dahl, memberi nama bunga dahlia sesuai dengan namanya. Dahl pada awalnya mengkategorikan dahlia sebagai sayuran karena umbinya yang bisa dimakan.

4. Melambangkan Persatuan Abadi

Menurut Flower Glosarry, bunga dahlia melambangkan persatuan abadi. Bunga dahlia sering digunakan dalam acara pernikahan. Pada zaman Ratu Victoria, bunga ini menjadi simbol kesetiaan dalam hubungan komitmen.

5. Tidak Ada Dahlia Biru

Bunga dahlia terkenal dengan keindahan warnanya seperti merah muda, kuning, oranye, merah, dan putih. Namun, tidak ada satu pun variasi bunga dahlia yang memiliki warna biru. Pada abad ke-19, para pembudidaya dahlia mencoba menciptakan dahlia berwarna biru namun tidak berhasil.

Jenis-jenis Bunga Dahlia

Bunga dahlia pada dasarnya memiliki banyak spesies dan variasi tanpa memiliki aroma khusus serta cenderung tidak harum. Namun, spesies bunga matahari yang paling dikenal adalah sebagai berikut:

READ  Senior di Kediri, Ponpes Dianiaya Santri Hingga Tewas

1. Dahlia Pompon

Dahlia pompon memiliki bentuk bunga bulat dan mengembang seperti pompon. Jenis dahlia ini biasanya mekar menjadi bunga ganda kecil. Kelopak bunga membentuk spiral, rata, dan tampak seperti digulung. Warna dahlia pompon antara lain scarlet, ungu muda, dan ungu tua.

2. Dahlia Anemone

Dahlia anemone memiliki kelopak besar yang mengelilingi kelopak bagian dalam yang lebih kecil. Sekilas bentuk kelopak ini membuat dahlia anemone nampak seperti cincin. Dahlia jenis ini biasanya dapat tumbuh sekitar 60 cm hingga 1,2 meter.

3. Dahlia Waterlily

Dahlia waterlily memperlihatkan bentuk yang hampir mirip dengan bunga teratai air. Dahlia jenis ini memiliki bunga ganda dengan kelopak yang cukup besar. Dahlia waterlily terdiri dari warna-warna seperti merah muda, jingga, dan merah kecoklatan.

4. Dahlia Peony

Bunga dahlia peony memiliki bentuk kelopak yang cukup besar dan nampak sangat indah ketika sedang mekar. Umumnya, kelopak dahlia peony tumbuh tidak beraturan. Meski demikian, justru inilah yang memberikan tampilan cantik alami pada dahlia peony.

5. Dahlia Mignon

Sekilas bentuk dahlia mignon mirip seperti bunga aster. Bunga dahlia jenis ini memiliki warna yang cerah dengan gradasi warna kontras di tengahnya. Ujung kelopak dahlia mignon umumnya berbentuk bundar.

6. Dahlia Bola

Dahlia bola memiliki bentuk bunga yang bulat seperti dahlia pompon. Bedanya, bagian kelopak dahlia bola tidak nampak bergulung dan ukurannya lebih besar dari dahlia pompon.

Cara Merawat Bunga Dahlia

Bunga dahlia termasuk jenis bunga yang mudah dirawat. Berikut ini tips merawat bunga dahlia agar tetap awet, segar, dan cantik.

1. Jangan Terlalu Sering Disiram

Merawat bunga dahlia sebaiknya tidak terlalu sering disiram agar tidak menyebabkan pembusukan. Namun, jika cuaca sangat panas atau kering, maka dahlia boleh sering disiram namun dengan jumlah yang cukup.

READ  Jaksa Cecar Makelar MA Dadan Tri soal Tanggal Pembelian McLaren Rp 3,3 M

2. Perhatikan Kelembaban Media Tanam

Kelembaban media tanam yang berlebihan dapat menyebabkan pembusukan pada bunga dahlia. Oleh karena itu, jangan biarkan air tergenang terlalu banyak saat menyiram tanaman ini agar media tanam tidak terlalu lembab.

3. Beri Pupuk dengan Bijak

Tanaman bunga dahlia membutuhkan pupuk yang cukup banyak pada tahap awal pertumbuhannya. Namun, setelah tanaman tumbuh dengan baik, intensitas pemupukan dapat dikurangi. Alih-alih memberi pupuk tambahan, lakukan pemangkasan rutin pada daun dan ranting yang berlebihan atau busuk.

4. Pastikan Tanaman Mendapat Cukup Sinar Matahari

Tanaman bunga dahlia tahan panas dan membutuhkan sinar matahari penuh selama 6-8 jam per hari. Oleh karena itu, pastikan kamu menempatkan tanaman bunga ini di area terbuka yang mendapat paparan sinar matahari secara langsung.

5. Pertahankan Jarak Tanam yang Cukup dalam Pot

Tanaman bunga dahlia sebaiknya tidak ditanam terlalu padat dalam satu pot. Jika muncul tunas baru pada tanaman, disarankan untuk memisahkan tunas tersebut agar pertumbuhan tanaman tidak terlalu rapat dalam pot.

6. Lindungi Tanaman dari Serangan Hama, Gulma, dan Penyakit

Terakhir, jaga tanaman bunga dahlia dari serangan hama, gulma, dan penyakit lainnya. Ketiga faktor tersebut dapat mempengaruhi keindahan bunga dan bahkan dapat menyebabkan tanaman mati. Jika tanaman mulai terserang hama, gunakan semprotan antihama sebagai langkah pencegahan.

Ini adalah sejumlah fakta menarik tentang bunga dahlia, termasuk berbagai jenisnya dan cara merawatnya. Apakah Anda tertarik untuk menanam dan merawat tanaman bunga ini?