Sambutan PDIP Setelah Anies dan Prabowo Memuji Megawati: Momentum Politik Membangkitkan Semangat Bersama

indotim.net (Sabtu, 13 Januari 2024) – Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, dan Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, keduanya memberikan pujian yang tinggi terhadap Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Pujian tersebut diterima dengan baik oleh PDIP.

Pujian dari Anies

Anies memberikan pujian tersebut saat berkunjung ke Samarinda pada Kamis (11/1). Dalam kesempatan itu, Anies mengatakan bahwa Megawati dan PDIP telah secara konsisten menjaga demokrasi.

“Bagi saya, PDIP adalah salah satu partai yang konsisten menjaga demokrasi. Ibu Mega merupakan penjaga demokrasi yang konsisten dan berani,” ujar Anies.

Anies memberikan penghargaan kepada Megawati atas sikapnya yang menolak wacana presiden selama 3 periode. Meskipun, menurut Anies, hal tersebut sebenarnya akan menguntungkan PDIP.

“Ketika ada gagasan tiga periode, PDIP artinya bertambah. Namun, beliau mengatakan tidak, kita taat pada konstitusi. Saat ulang tahun beliau, saya sampaikan ucapan selamat dan dorongan untuk terus menjadi penjaga tonggak demokrasi kita,” ujar Anies.

Anies menyampaikan rasa hormatnya kepada Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri. Ia mengapresiasi sikap Megawati dalam menegakkan demokrasi.

“Terkait dengan demokrasi, menjaga aturan main, dan menghormati konstitusi adalah nilai yang patut kita junjung,” ujar narasumber mengenai pernyataan pujian dari Anies Baswedan dan Prabowo Subianto terhadap Megawati Soekarnoputri.

Dalam artikel ini akan disajikan pujian Prabowo dan respons dari PDIP terhadap pujian tersebut.

Pujian Prabowo

Tidak hanya Anies, Prabowo juga memuji Megawati. Prabowo mengapresiasi kepemimpinan Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-5 RI, yang telah memberikan banyak kontribusi bagi bangsa.

Prabowo menyampaikan hal itu dalam acara dialog calon presiden bersama Kadin di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (12/1). Prabowo mengatakan bahwa setiap presiden telah meletakkan landasan bagi sebuah bangsa.

READ  Indikasi Anies-Ganjar Koalisi di Putaran Dua Tertangkap Basah oleh JK

“Kita melihat yang telah dibangun sebagai landasan. Semua presiden sebelumnya meletakkan landasan, semua berjasa, harus diakui,” ujar Prabowo.

Prabowo mengakui kontribusi besar kepemimpinan Megawati terhadap Indonesia. Dalam hal ini, ia mengajak semua pihak untuk tetap komitmen dalam membangun bangsa tanpa merasa rendah diri.

“Saya juga mengakui banyak jasa yang telah diberikan oleh Ibu Megawati,” ujar Prabowo sambil disambut riuh tepuk tangan para hadirin.

“Ya terus terang saja. Jadi sekarang dengan semua landasan itu kita harus berani untuk berpikir besar. Kita menurut pendapat saya terlalu lama dijajah oleh barat sehingga terjadi apa rendah diri, inferiority complex. Kita selalu merasa tidak mampu merasa dirinya miskin, tidak, kita kaya dan kita mampu dan kita harus mampu,” ujar Prabowo.

PDIP Ucap Terima Kasih

Merespons hal tersebut, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengucapkan terima kasih atas pujian Anies dan Prabowo terhadap Megawati.

“Ya, memang sebuah kepemimpinan yang didasarkan pada nilai-nilai kebenaran akan menciptakan warisan yang berharga. Kami ingin mengucapkan terima kasih atas pujian yang diberikan oleh Bapak Anies dan Bapak Prabowo kepada Ibu Megawati Soekarnoputri,” ujar Hasto kepada wartawan di Cilandak, Jakarta Selatan (Jaksel), pada hari Jumat (12/1).

Hasto menyampaikan bahwa saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) PDIP, Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, telah mengirimkan pesan WhatsApp pribadi kepadanya yang ditujukan untuk disampaikan kepada Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP. Hasto pun mengucapkan terima kasih kepada Anies atas ucapan selamat HUT PDIP tersebut.

“Saatha ulang tahun PDIP kemarin, Pak Anies juga mengucapkan selamat. Beliau mengirim pesan WhatsApp kepada saya untuk disampaikan kepada Bu Mega sebagai ucapan selamat ulang tahun dari Pak Anies terhadap PDIP. Kami sangat mengapresiasi ucapan selamat ulang tahun dari Pak Anies Baswedan,” tutur sang juru bicara.

READ  Beda Mahfud dengan Menteri Siti: Data Deforestasi Mengkhawatirkan

Kesimpulan

PDIP merespons dengan baik pujian yang diberikan oleh Anies Baswedan dan Prabowo Subianto terhadap Megawati Soekarnoputri. Anies mengapresiasi konsistensi PDIP dalam menjaga demokrasi dan memberikan penghargaan kepada Megawati atas sikapnya yang menolak wacana presiden selama 3 periode. Prabowo juga mengakui kontribusi besar kepemimpinan Megawati terhadap Indonesia. PDIP mengucapkan terima kasih atas pujian yang diberikan dan mengapresiasi pesan WhatsApp dari Anies selamat ulang tahun PDIP.