Pengertian Tanaman Hias dan Jenisnya: Berkhasiat untuk Kesehatan

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Tanaman hias biasanya menggunakan jenis tanaman yang memiliki daya tarik tersendiri, seperti warna atau bentuknya yang cocok untuk dijadikan sebagai dekorasi tempat tinggal atau taman.

Menanam tanaman hias kian banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai usia, mulai dari anak muda hingga orang tua. Tanaman hias memiliki banyak sekali jenis, mulai dari yang ditanam secara konvensional menggunakan tanah dan pot, hingga tanaman hias hidroponik.

Selain berfungsi untuk mempercantik ruangan, ada juga jenis tanaman hias yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Mari kita simak rekomendasi tanaman hias berikut ini.

Apa Itu Tanaman Hias?

Tanaman hias merupakan salah satu jenis tanaman yang ditanam untuk menciptakan kesan keindahan, kecantikan, serta menambah daya tarik. Tanaman hias umumnya ditempatkan di dalam ruangan, namun juga bisa ditempatkan di luar ruangan.

Selain untuk menambah keindahan ruangan, tanaman hias juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan lingkungan sekitar.

Dikutip dari buku “Tanaman Hias Berkhasiat Obat” (2011) karya Bambang Mursito dan Heru Prihmantoro, tanaman hias dapat memberikan pengaruh positif terhadap upaya mengurangi kepenatan, memberikan rasa segar pada indera, dan memberikan nilai tambah perekonomian keluarga.

Selain itu, beberapa jenis tanaman hias memiliki fungsi ganda yaitu selain sebagai tanaman hias, juga dapat berfungsi sebagai obat untuk beberapa penyakit umum yang ditemukan di masyarakat.

READ  Mengenal Keistimewaan Bunga Kitolod, Yuk! Ciri, Manfaat dan Seluk Beluk Phenakospermum guyannense

10 Jenis Tanaman Hias yang Berkhasiat Untuk Kesehatan

Selain untuk memperindah ruangan, beberapa tanaman hias juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Bunga Telang

Tanaman hias ini memiliki kelopak yang berbentuk corong dengan mahkota berbentuk seperti kupu-kupu dengan warna biru cerah dan ungu yang khas.

Bunga telang tidak hanya indah sebagai hiasan di dalam maupun di luar ruangan, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan. Beberapa manfaatnya antara lain mengurangi peradangan, menurunkan risiko hipertensi dan penyakit jantung, serta sebagai sumber antioksidan.

2. Cempaka

Cempaka adalah jenis tanaman hias yang memiliki bunga yang sangat harum. Terdapat 4 jenis bunga cempaka yaitu putih, merah, ungu, dan kuning.

Di balik keindahan bunga cempaka, tanaman ini memiliki manfaat untuk kesehatan seperti mengatasi vertigo, mengobati batuk berdahak, mengatasi keputihan, dan menghilangkan bau badan.

3. Cocor Bebek

Cocor bebek dikenal sebagai tanaman hias berdaun ajaib karena tunasnya tumbuh dari lekukan tepi daun. Daunnya berwarna hijau keabu-abuan dengan bagian tepi berwarna merah muda.

Tanaman ini menyukai tempat yang terkena sinar matahari dan dapat hidup di tempat berbatu. Cocor bebek memiliki khasiat kesehatan seperti mengobati demam, memperlancar haid, dan mengobati bisul. 5 Makna Bunga Matahari: Simbol Kesetiaan untuk Pasangan yang Tepat

4. Ekor Kucing

Tanaman hias ini memiliki bentuk yang menyerupai ekor kucing dan biasanya ditanam di pekarangan rumah atau sebagai pembatas pagar.

Selain sebagai hiasan, tanaman ekor kucing juga memiliki manfaat sebagai pengobatan. Beberapa manfaatnya antara lain sebagai obat luka berdarah, mengobati radang usus, sariawan, asma, dan batuk berdahak.

5. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya adalah tanaman hias yang sudah tidak asing lagi. Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti mengobati luka bakar, ruam, dan bersifat anti-inflamasi.

READ  Keindahan dan Perbedaan Edelweis Rawa yang 'Dirusak' di Ranca Upas dengan Edelweis Gunung yang Menakjubkan

6. Lavender

Lavender memiliki bunga berwarna ungu yang indah. Selain keindahan bunga, lavender juga memiliki khasiat untuk kesehatan seperti mengatasi insomnia, sakit kepala, kecemasan, dan iritasi kulit.

7. Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua adalah salah satu jenis tanaman hias yang umum ditemui. Daunnya keras dan ujungnya meruncing.

Selain menjadi dekorasi ruangan, lidah mertua juga memiliki manfaat untuk kesehatan seperti aromaterapi dan menyerap radiasi di dalam ruangan.

8. Rosemary

Rosemary adalah salah satu tanaman herbal yang populer. Selain digunakan sebagai tanaman hias, daun dan bunganya juga biasa digunakan sebagai obat-obatan.

Rosemary memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan seperti antikanker, meningkatkan fungsi pencernaan, dan memiliki sifat anti-penuaan karena dapat mengurangi radikal bebas.

9. English Ivy

Tanaman hias ini biasanya ditanam di pot gantung atau digunakan merambat di dinding. English ivy berfungsi sebagai pembersih udara dan menyerap senyawa beracun.

Selain itu, tanaman ini juga memiliki manfaat lain seperti melembabkan udara dalam ruangan, mengurangi pertumbuhan jamur, dan mengandung antioksidan.

10. Kuping Gajah

Kuping gajah adalah salah satu jenis tanaman hias yang pernah menjadi tren. Daunnya berwarna hijau gelap dengan bagian tulang daun yang membentuk pola yang indah.

Selain keindahannya, kuping gajah juga memiliki manfaat seperti menyembuhkan bengkak di mulut dan tenggorokan, merilekskan tubuh, mengobati penyakit kulit, serta menghilangkan stres.

Demikianlah pengertian tentang tanaman hias dan beberapa jenis tanaman hias yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat!