Cara Agar Video di YouTube Tidak Buram, Ketahui Penyebabnya!

By | Oktober 5, 2022
cara agar video di youtube tidak buram

Pernahkah kamu mengalami video YouTube buram saat mengunggah konten video baru ke saluran YouTube kamu? Hal ini bisa sangat membuat frustrasi, terutama jika kamu melihat ini terjadi setelah menghabiskan banyak waktu dan upaya membuat video YouTube dengan harapan meningkatkan jumlah pemirsa dan basis pelanggan kamu. Pada artikel ini, kamu akan mempelajari mengapa video YouTube kamu buram dan cara agar video di YouTube tidak buram. Kami juga membahas kualitas video dan dampaknya terhadap persepsi merek kamu.

Alasan Mengapa Video YouTube Buram

Berikut adalah alasan mengapa video YouTube kamu buram dan perbaikannya.

a. Koneksi Internet Lambat

Alasan pertama dan paling jelas mengapa video YouTube buram adalah karena koneksi internet yang lambat di sisi pemirsa. Saat penonton memiliki koneksi internet yang lambat, dia mungkin tidak dapat melihat video dengan kualitas terbaik yang tersedia, yang dapat menyebabkan video menjadi buram. YouTube secara otomatis melakukan ini untuk menghindari video dari buffering.

Sayangnya, sebagai pembuat konten YouTube, kamu tidak akan dapat memperbaiki masalah ini karena masalahnya ada pada pengguna akhir.

b. Video Baru Diunggah

Alasan lain mengapa video YouTube bisa buram adalah karena baru saja diunggah ke platform YouTube. Alasan mengapa video langsung buram setelah diunggah adalah karena YouTube memproses video versi resolusi rendah terlebih dahulu, lalu versi Definisi Tinggi (HD).

Tidak ada cara untuk memperbaiki masalah ini karena ini adalah cara kerja proses unggah YouTube. Solusi sederhananya adalah hanya menunggu seluruh video diunggah sepenuhnya dalam definisi tinggi atau HD. Masa tunggu ini bisa memakan 30 menit hingga beberapa jam, tergantung pada kualitas video. Setelah semua variasi kualitas video diunggah, video YouTube kamu tidak akan buram dan kualitas video akan kembali normal.

READ  CARA BUAT SUARA GOOGLE TANPA APLIKASI

Tetapi apa yang harus kamu lakukan jika video 4K kamu membutuhkan waktu beberapa jam untuk diunggah? Tentunya kamu tidak ingin pelanggan kamu melihat versi video kamu yang berkualitas rendah jika mereka dapat melihatnya dalam 4K.

Cukup unggah video kamu sebagai tidak terdaftar dan hanya buat publik setelah versi 4K selesai diproses. Dengan melakukan ini, pemirsa dan pelanggan kamu hanya akan dapat melihat video kamu dalam kualitas tinggi.

c. Kualitas Rendering Video Rendah

Jika kamu melihat bahwa video YouTube kamu masih buram setelah menunggu beberapa jam, mungkin masalahnya adalah kualitas rendering video kamu terlalu rendah. Setelah pembuat YouTube selesai mengedit videonya, mereka perlu merender file untuk mengunggah video yang sudah selesai ke YouTube.

Sangat penting untuk membuat video dalam definisi tinggi, bukan definisi standar. Ini adalah salah satu cara untuk mencegah video kamu menjadi buram.

Saat merender video, ingatlah untuk tidak melebihi resolusi tempat kamu merekamnya. Misalnya, jika kamu merekam video dalam 1080p, jangan merendernya sebagai video 4K. Melakukan hal ini akan menyebabkan video terdistorsi saat dilihat.

Tergantung pada perangkat lunak pengeditan video yang kamu gunakan, proses rendering dapat berbeda. Namun, konsep dan pengaturannya tetap sama terlepas dari perangkat lunak yang kamu gunakan. Untuk contoh ini, kami akan menunjukkan cara membuat video menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro CC.

Cara membuat video menggunakan Adobe Premiere Pro CC

Langkah pertama adalah mengatur poin In dan Out pada video. Lakukan ini dengan memindahkan playhead ke tempat kamu ingin proses rendering dimulai dan tekan “I” pada keyboard kamu, ini akan menjadi titik In.

Untuk mengatur titik Keluar, pindahkan playhead ke tempat kamu ingin rendering berakhir, lalu tekan “O” pada keyboard kamu.

READ  Cara Mematikan Firewall McAfee dengan Cepat

Selanjutnya, buka Pengaturan Ekspor dengan mengklik “File” dan gulir ke bawah ke “Ekspor”. Buka menu ekspor dengan mengklik “Media”.

Langkah selanjutnya adalah memilih format video dan memberi nama file. Di menu pengaturan ekspor, navigasikan ke “Format” dan pilih H.264. Juga, jangan lupa beri nama file video kamu.

Sekarang, kita akan menyesuaikan pengaturan video dasar.

Pertama, pilih resolusi video dan kecepatan bingkai yang sesuai dengan yang kamu gunakan untuk merekam video.

Kemudian sesuaikan pengaturan Bitrate sesuai dengan berikut:

Pengkodean bitrate: Bit Rate Konstan, atau CBR

Periksa Maksimum Render Quality

Target Bitrate: 8

Langkah terakhir adalah menekan “Ekspor” dan Adobe Premiere Pro CC akan menyelesaikan rendering video.

Pengaturan ini tidak tetap, dan kamu bebas bereksperimen dengan berbagai opsi di Premiere Pro CC. Namun, jika kamu merasa telah menyempurnakan pengaturan Ekspor, simpan sebagai Preset yang dapat kamu gunakan untuk rendering di masa mendatang.

Kualitas Video dan Dampaknya pada Persepsi Merek

Kualitas video merupakan aspek penting yang berdampak pada persepsi pemirsa terhadap merek dan saluran YouTube kamu. Jika kamu membandingkan 2 video satu sama lain, yang memiliki kualitas video lebih rendah daripada yang lain, menurut kamu mana yang akan lebih dipercaya pengguna?

Dengan mengupload video berkualitas tinggi, pemirsa akan menganggap merek kamu sebagai sumber informasi sah yang dapat mereka percayai. Jadi sebagai pembuat konten YouTube, kamu harus bertujuan untuk membuat konten video menggunakan peralatan YouTube terbaik yang tersedia dan mengikuti praktik terbaik saat mengedit konten.

Kesimpulan

Video YouTube yang buram sering kali disebabkan oleh koneksi internet yang lambat, kualitas rendering yang rendah, atau karena video tersebut baru saja diunggah ke YouTube. Setiap masalah ini, kecuali koneksi internet yang lambat, dapat dengan mudah diperbaiki dengan mengikuti petunjuk dan saran dalam artikel ini.

READ  Cara Matiin Antivirus dengan Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *