Terkagum-kagum dengan Keindahan dan Spesies Langka Rafflesia Arnoldii

indotim.net (Selasa, 14 November 2023)Rafflesia Arnoldii adalah bunga langka yang hanya dapat ditemukan di Bengkulu. Saat pertama kali melihat bunga ini secara langsung di alam bebas, saya merasa sangat terkagum-kagum.

Pengalaman pertama saya melihat Rafflesia Arnoldii terjadi ketika saya dan teman-teman pergi ke objek wisata alam pemandian air panas Suban, yang menjadi ikonik bagi masyarakat kota Bengkulu.

Sebenarnya, kami berencana pulang setelah berlibur. Namun, rencana itu berubah ketika kami melihat papan yang bertuliskan “Di sini terdapat bunga Rafflesia mekar”.

Kami segera menghentikan langkah kami dan memutuskan untuk memasuki keramaian yang terjadi di sekitar lokasi tersebut. Pemuda dan pemudi saling berdesakan untuk masuk ke dalam jalan setapak yang dibuat oleh penduduk desa setempat.

Setelah kami masuk ke sebuah hutan kecil dan menuruni jalan yang cukup curam, kami akhirnya melihat keindahan Rafflesia Arnoldii. Bunga yang cantik ini dikelilingi oleh bambu yang menjaga kelestariannya dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Gatal sudah jemari ini ingin memotret kecantikan dari bunga berwarna merah terang tersebut. Antre satu per satu bergiliran, mengambil foto selfie untuk kenang-kenangan.

Namun apalah daya, begitu banyaknya orang yang di sana, saya tidak bisa mengambil foto selfie untuk saya sendiri bersama bunga langka tersebut. Yang ada hanyalah sebuah foto dari kejauhan menggunakan kamera ponsel yang kurang terang.

Sayang sekali. Namun saya bisa dengan leluasa dan dekat serta melihat bagaimana bunga langka itu berkembang sempurna sebelum layu dan mati perlahan.

Setelah puas melihat keindahan dari bunga yang sebagian besar tumbuh di tanah Bengkulu tersebut, saya kemudian memutuskan untuk pulang bersama teman.

READ  Dukung Ganjar Ajak Slank Berkampanye di Bali dan Bandung!

Kami mencoba berpamitan dengan puspa terindah yang pernah saya lihat. Di balik kemegahannya, tersimpan satu makna tersirat bahwa kita harus menjaga kelestariannya dengan menjaga hutan dan alam sekitar wilayah Bengkulu.

Kesimpulan

Artikel ini mengisahkan pengalaman penulis yang terkagum-kagum dengan keindahan dan spesies langka Rafflesia Arnoldii. Setelah melihat bunga ini secara langsung di alam bebas, penulis merasa terpesona oleh kecantikannya. Meskipun tidak berhasil mengambil foto selfie dekat dengan bunga tersebut karena antrean yang panjang, penulis tetap puas dapat melihatnya berkembang sempurna. Pengalaman ini juga mengingatkan penulis akan pentingnya menjaga kelestarian Rafflesia Arnoldii dan alam sekitar Bengkulu.