Ziarah ke Makam, Aksi Salah Bawa Tape Ketan Menyulap Duka Jadi Tawa

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Dalam perjalanan ziarah ke makam, ada seorang yang tanpa disadari membawa tape ketan yang dikiranya sebagai bunga taburan. Kelakuan lucu ini berhasil mengundang tawa para netizen.

Momen lebaran Idul Fitri tentunya menjadi momen istimewa bagi umat Muslim. Selama momen tersebut, mereka dapat bertemu dengan keluarga untuk saling memaafkan.

Tak ketinggalan, tradisi ziarah ke makam pun menjadi salah satu aktivitas yang dilakukan untuk mendoakan keluarga yang telah tiada. Namun, di tengah momen hangat tersebut, seorang pengguna TikTok mengalami situasi yang kocak.

Di akun TikTok _sedangdiusahakan, pengguna tersebut membagikan pengalaman saat ziarah ke pemakaman setelah melaksanakan shalat Idul Fitri di masjid.

Baca Juga: Apes! Pengemudi Ojol Menjadi Korban Orderan Fiktif ke Kuburan

Netizen salah membawa Tape Ketan yang dikiranya sebagai bunga untuk ziarah kuburan. Foto: TikTok @_sedangdiusahakan

Setelah selesai melaksanakan shalat Idul Fitri, ia bersama keluarganya bersiap untuk melaksanakan ziarah ke pemakaman. Ia juga menyiapkan bunga-bungaan yang nantinya akan ditaburkan di pemakaman.

Bunga-bungaan tersebut dibungkus menggunakan daun pisang. Nah, hal inilah yang membuatnya terkecoh. Karena tak fokus, ia pun mengambil sesuatu yang dibungkus daun pisang yang dikiranya adalah bunga.

Tanpa curiga sedikit pun, ia pun bergegas ke pemakaman untuk mengirimkan doa. Setelah hendak menaburkan doa, betapa terkejutnya saat ia membuka bungkusan pisang yang dibawa.

Pasalnya, isinya ternyata bukan bunga-bungaan melainkan tape ketan. Tape ketan berwarna kehijauan tersebut juga dibungkus daun pisang yang membuatnya salah mengira.

Baca Juga: Ngeri-ngeri Sedap, Kuliner Dekat Kuburan yang Kini Populer

Tape ketan Foto: TikTok @_sedangdiusahakan

“Abis salat Idul Fitri langsung ziarah ke makam. Aku kira yang dibawa itu bunga, tapi ternyata….” tulisnya dalam keterangan video yang telah dikonfirmasi detikFood (29/04/2023).

Sesuai namanya, tape ketan merupakan kudapan tradisional khas Jawa yang terbuat dari beras ketan yang difermentasi dengan ragi. Tape ketan umumnya dibungkus menggunakan daun pisang.

READ  Kapal Maling Ikan Berbendera Malaysia Ditangkap di Perairan Selat Malaka

Videonya pun viral dan sukses membuat netizen ngakak. Berbagai tanggapan pun memenuhi kolom komentar video TikToknya.

“Kirain mau piknik bawa tape ketan ke kuburan,” tulis netizen.

“Pernah juga pas mau ziarah makam papa. Sudah sampai makam papa malah yang dibawa sop-sopan bukan bunga,” tulis netizen lainnya.

Baca Juga: Unik! Wanita Ini Masak Kue Berbekal Resep di Nisan Kuburan

Kesimpulan

Dalam perjalanan ziarah ke makam, seorang pengguna TikTok tanpa disadari membawa tape ketan yang dikiranya sebagai bunga taburan. Momen lucu ini berhasil mengundang tawa para netizen. Meskipun ada kesalahan dalam persiapan ziarah, ini mengingatkan kita untuk tetap menjaga semangat kebersamaan dan saling memaafkan dalam momen lebaran Idul Fitri.