Ciri Keindahan dan Panduan perawatan Bunga Sepatu yang Efektif

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Bunga ini memiliki bentuk yang sangat cantik. Bunga ini memiliki benang sari dan putik yang sempurna.

Bunga sepatu termasuk salah satu jenis bunga yang mengalami penyerbukan. Yuk, mari kita ketahui lebih lanjut tentang ciri-ciri dan cara merawatnya.

Ciri-ciri Bunga Sepatu

Bunga sepatu atau dikenal juga sebagai hibiscus rosa sinensis adalah satu jenis tanaman semak yang berbentuk seperti pohon serabut. Berikut adalah ciri-cirinya yang kami kutip dari repository Untar:

Bunga sepatu atau dikenal juga sebagai hibiscus rosa sinensis adalah satu jenis tanaman semak yang berbentuk seperti pohon serabut. Berikut adalah ciri-cirinya yang kami kutip dari repository Untar:

1. Bunga

Bunga sepatu tumbuh secara individual dan terletak di ketiak daun. Bentuknya menyerupai terompet besar dengan kelopak yang lebar. Warna bunganya bervariasi, mulai dari merah muda hingga merah.

Bunga ini memiliki mahkota daun dengan banyak tangkai benang sari yang berwarna merah. Terdapat 4-6 putik di ujung benang sari. Di dalam bunga terdapat lendir dan kristal oksalat, serta mengandung flavonoid dan polifenol.

2. Daun

Daun bunga sepatu memiliki bentuk oval yang lebar dan tipis, dengan pangkal yang meruncing. Panjang daunnya sekitar 10-16 cm dengan lebar 5-11 cm. Daunnya berwarna hijau mengkilap dan memiliki tepi yang bergerigi. Seperti bunganya, daun juga mengandung lendir, kristal oksalat, flavonoid, saponin, dan polifenol.

READ  Wanita Ini Menghemat Biaya Makan dengan Kreatifitas Bunga dan Daun

3. Batang

Batang bunga sepatu berbentuk bulat. Kekerasan kayunya memiliki diameter sekitar 9 cm. Saat masih muda, batang ini memiliki warna ungu, tetapi saat sudah tua berubah menjadi putih kusam.

4. Biji

Biji dari bunga sepatu termasuk jenis biji dikotil, yang berarti memiliki dua kelopak biji. Biji ini berbentuk pipih dan berwarna putih.

5. Akar

Akar bunga sepatu merupakan akar tunggang yang memiliki warna coklat muda. Di dalamnya terkandung tanin, saponin, skopoletin, cleomoscosin A, dan cleomiscosin C.

Cara Merawat Bunga Sepatu

Ketika merawat tanaman bunga sepatu, kamu perlu mengetahui apa saja yang harus diperhatikan. Mulai dari cahaya yang dibutuhkan, air hingga pemupukannya.

1. Berikan Cahaya yang Sempurna

Tanaman bunga sepatu sangat membutuhkan sinar matahari. Mengutip lama Spruce, bunga ini akan bermekaran dan tumbuh dengan indah jika terkena cahaya matahari yang sempurna.

Apabila tanaman bunga sepatu tidak berbunga, coba pindahkan ke area yang mendapat sinar matahari. Kamu bisa meletakkan tanaman ini di halaman atau teras yang memiliki paparan sinar matahari.

2. Siram dengan Air yang Cukup

Mengutip Almanac, bunga sepatu perlu sering disiram saat masih muda. Siram secara menyeluruh sehingga tanaman basah kuyup.

Tanaman hias ini akan subur dan menghasilkan bunga jika diberi air yang cukup. Bergantung pada angin, panas, dan kelembaban lingkungannya, bunga sepatu bisa disiram setiap hari bahkan dua kali sehari ketika dalam kondisi yang sangat kering.

3. Perhatikan Suhu dan Kelembaban

Saat merawat tanaman bunga sepatu, perhatikan pula suhu dan kelembabannya. Tanaman hias ini lebih menyukai suhu antara 12 dan 21 derajat Celsius.

Apabila terlalu panas, maka bisa menyebabkan kuncup bunga dan daunnya mengering. Jika menanamnya di dalam pot, kamu bisa memindahkan tanaman ini ke dalam rumah saat cuaca terlalu panas.

READ  Kagum dengan Keindahan Bunga Azalea yang Mekar? Nikmati Pesona Tokyo!

4. Ketahui Cara Pemupukan

Bunga sepatu yang tumbuh membutuhkan banyak nutrisi untuk bisa berbunga dengan baik. Pada saat musim panas, gunakan pupuk kalium tinggi.

Gunakan pupuk cair seminggu sekali dan pupuk slow release sebulan sekali. Kamu juga bisa menambahkan kompos kalium tinggi ke tanah.

Itulah penjelasan mengenai ciri-ciri bunga sepatu beserta cara merawatnya dengan baik. Semoga artikel ini membantumu.

Kesimpulan

Bunga sepatu merupakan tanaman dengan bentuk yang cantik, memiliki bunga berbentuk terompet dengan mahkota daun berwarna merah dan putik di ujung benang sari. Daunnya berbentuk oval dengan tepi yang bergerigi. Batangnya berwarna ungu saat muda dan putih kusam saat tua. Tanaman ini memerlukan sinar matahari yang cukup, air yang cukup, suhu dan kelembaban yang tepat, serta pemupukan yang baik untuk tumbuh dan berbunga dengan baik. Dengan memperhatikan panduan perawatannya, kita dapat menikmati keindahan bunga sepatu dalam kebun atau pot tanaman. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.