5 Racikan Teh Bunga Yang Harum Semerbak Ini Penuh Manfaat

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Teh tidak hanya dibuat dari daun teh atau camellia sinensis. Ada juga teh yang terbuat dari bunga yang dikeringkan dengan manfaat dan khasiat yang sama sehatnya.

Teh biasanya dikenal sebagai minuman yang berasal dari daun teh. Berasal dari tanaman Camellia sinensis, teh memiliki berbagai jenis dengan khasiat yang berbeda-beda.

Ternyata selain daun teh chamomile, teh hibiscus, dan rose tea juga bisa dibuat dari beberapa varian bunga yang dikeringkan. Khasiat yang dimilikinya juga tidak kalah bermanfaat dari teh pada umumnya.

Setiap jenis bunga yang diolah menjadi teh juga dapat memberikan rasa dan aroma yang berbeda-beda. Selain itu, manfaatnya yang beragam dapat disesuaikan dengan kebutuhan penikmatnya.

Berikut ini adalah 5 jenis bunga yang diolah menjadi teh menurut Rosie Loves Tea:

Teh chamomile yang lembut cocok untuk menenangkan tubuh usai lelah beraktvitas. Foto: Getty Images/iStockphoto/chuanthit kunlayanamitre

1. Chamomile

Teh chamomile adalah salah satu jenis teh yang terbuat dari bunga dan sangat populer. Jenis bunga ini memiliki bentuk yang mirip dengan bunga daisy, tetapi ukurannya lebih kecil.

Biasanya, teh chamomile direkomendasikan untuk dinikmati pada sore atau malam hari sebelum istirahat. Hal ini dikarenakan konsumsi teh ini dapat menenangkan tubuh.

Teh chamomile juga bisa ditanam dengan mudah hanya dengan merawatnya di kebun rumahan. Caranya pun cukup dengan mengeringkan bunga chamomile yang sudah mekar sempurna.

2. Lavender

Selain aroma lavender yang sering dimanfaatkan, bunga lavender dapat diolah menjadi teh yang segar. Warna ungu cerahnya juga disukai karena keindahannya.

READ  Mahfud Balas Menteri LHK soal Deforestasi: Data Menjawab, Beda Perspektif

Ahli telah membuktikan bahwa teh bunga lavender memiliki efek yang baik untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Teh ini cocok dinikmati setelah menjalani aktivitas padat sebagai penyegar.

Tulisan dalam bahasa Indonesia:

Tanaman lavender sendiri umumnya ditanam di kebun untuk menarik lebah dan membantu penyerbukan pada bunga lainnya. Konsumsi teh lavender secara teratur juga dapat membantu mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur malam.

Silakan klik di sini untuk menemukan fakta menarik tentang Lisa BLACKPINK sebagai spesies tanaman terbaru di Thailand.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang 8 bank dengan tingkat bunga deposito tertinggi, silakan kunjungi tautannya.

Teh dari bunga lainnya ada di halaman berikutnya.

Baca juga: Bawa 180 Kg Mie Instan Ilegal, Wanita Ini Didenda Rp 133 Juta

3. Mawar

Bunga mawar dengan warnanya yang merah menyala sering diartikan sebagai lambang pernyataan cinta. Ternyata bunga yang cantik ini juga dapat menjadi racikan teh yang segar dan nikmat untuk teman bersantai.

Teh dari bunga mawar memiliki warna merah yang cantik dengan aroma lembut yang menenangkan hidung. Teh dari bunga mawar biasanya menggunakan bunga-bunga yang sudah mekar dengan bagian kelopak yang diambil dan dikeringkan.

Bunga mawar yang diolah menjadi teh memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh. Mulai dari menurunkan kecemasan, meningkatkan kualitas pencernaan hingga meredakan kram saat menstruasi.

4. Hibiscus

Teh hibiscus yang asam segar memiliki antioksidan tinggi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Foto: Getty Images/iStockphoto/chuanthit kunlayanamitre

Teh hibiscus merupakan teh herbal yang terbuat dari bunga Hibiscus rosa sinensis yang juga biasa disebut kembang sepatu. Warna bunganya yang cerah seringkali dimanfaatkan sebagai kue dan teh serta berbagai hidangan lainnya.

Bunga hibiscus atau kembang sepatu lebih banyak tumbuh di negara-negara tropis seperti Indonesia. Bahkan di Indonesia, tanaman kembang sepatu bisa tumbuh dengan subur dan liar di kebun-kebun rumahan.

READ  Prabowo Bersiap Hadir di KPK: Membangun Gagasan Antikorupsi

Teh jenis ini memiliki rasa asam yang segar dan cocok dinikmati dalam suhu hangat maupun dingin. Kembang sepatu juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

5. Melati

Bunga melati sering dicampurkan dalam racikan teh di Indonesia. Ada juga teh yang murni menggunakan seduhan bunga melati sehingga aroma segarnya lebih kuat.

Bunga melati berwarna putih dengan aroma yang khas menghasilkan teh dengan warna yang tidak terlalu pekat. Aroma seduhan teh melati ini dimanfaatkan untuk menenangkan tubuh.

Rasa teh melati memiliki sedikit rasa manis saat diseruput. Konsumsi teh melati dapat memberikan khasiat seperti menenangkan tubuh, meningkatkan sistem imunitas, dan meredakan inflamasi di dalam tubuh.

Kesimpulan

Teh bunga bukan hanya terbuat dari daun teh, tetapi juga dari bunga dengan khasiat dan manfaat yang sama sehatnya. Teh chamomile dapat menenangkan tubuh, teh lavender menyegarkan setelah aktivitas padat, teh mawar memiliki banyak khasiat untuk tubuh, teh hibiscus melindungi tubuh dari radikal bebas, dan teh melati menenangkan tubuh serta meningkatkan sistem imunitas. Dengan berbagai pilihan khasiat dan rasa yang berbeda, teh bunga ini merupakan minuman yang sehat dan menyenangkan untuk dinikmati.