Cantik dan Lezat! 5 Bunga yang Bisa Dinikmati dan Diolah Menjadi Hidangan Menggugah Selera

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Beberapa jenis bunga aman untuk dikonsumsi. Setiap bunga ini bisa diolah menjadi hidangan enak. Mulai dari diolah menjadi teh hingga tambahan rasa pada kue.

Banyak orang berpikir bunga hanya bisa ditanam dan dijadikan hiasan rumah, padahal ada beberapa jenis bunga yang aman dikonsumsi. Bahkan, bunga-bunga tersebut telah digunakan selama berabad-abad untuk menambah warna, rasa, dan sentuhan pada kreasi makanan.

Penambahan bunga tidak hanya meningkatkan daya tarik visual, melainkan juga menawarkan pengalaman rasa yang unik. Mulai dari bunga marigold, lavender, hingga bunga mawar, semuanya bisa dijadikan hiasan pada kue, dessert, diracik menjadi teh atau minuman segar lainnya.

Untuk chef professional atau chef rumahan, menambah
bunga ke dalam masakan mampu menciptakan hidangan kreatif. Sebelum menambahkannya, ketahui dulu 5 jenis
bunga yang bisa dimakan seperti dirangkum dari Times of India (13/06).

1. Mawar

Mawar adalah salah satu jenis bunga paling terkenal. Di dunia kecantikan, mawar dikenal dengan manfaat melembabkan kulit wajah hingga mengatasi peradangan kulit. Tapi, kamu juga bisa menemukan bank dengan tingkat bunga deposito tertinggi yang mencapai 5%! Jadi, selain merawat kulit dengan mawar, kamu juga bisa merawat keuangan dengan menabung di bank tersebut. Tentu saja, kamu juga bisa menikmati keindahan bunga azalea yang mekar di Tokyo. Yuk, simak informasi lengkapnya!

Sementara dalam dunia kuliner, mawar sering digunakan sebagai hiasan pada kue dan hidangan penutup. Selain itu, mawar juga bisa diolah menjadi teh yang lezat, atau berbagai minuman lainnya seperti smoothies, koktail, dan moktail.

READ  Influencer Berbagi Hoaks Bromat, BPKN Ingatkan Konsekuensi Hukum

Bahkan saat ini, mawar juga sering dijadikan salah satu rasa es krim. Biasanya, ekstrak mawar ditambahkan dalam pembuatan es krim tersebut.

2. Jantung Pisang

Jantung pisang, atau yang lebih dikenal dengan sebutan banana flower, sering digunakan dalam masakan Indonesia. Misalnya, jantung pisang dapat diolah menjadi sup, tumisan, atau hidangan bersantan.

Jantung pisang mekar sebelum buah pisang tumbuh. Biasanya, pohon pisang hanya memiliki satu bunga yang tidak dapat dipetik sebelum waktunya.

3. Bunga Hibiscus

Bunga hibiscus juga bisa dijadikan racikan teh yang enak dan punya kandungan manfaat. Foto: Thinkstock

Bunga hibiscus, atau yang dikenal juga dengan sebutan kembang sepatu, memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Bunga ini sering digunakan sebagai minuman teh herbal. Sementara biji bunga hibiscus dapat digunakan sebagai pengganti biji kopi.

Teh yang terbuat dari bunga kembang sepatu mampu mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Racikan teh ini juga bisa membantu mengatasi demam, infeksi urin, bahkan masalah sakit gigi.

Cara mempersiapkan teh kembang sepatu sangatlah mudah. Cukup dengan merebus bunga tersebut di dalam air panas selama 5 sampai 7 menit. Kemudian saring dan teh kembang sepatu siap diminum.

Jika dirasa terlalu hambar, teh kembang sepatu bisa ditambahkan dengan pemanis madu atau air perasan jeruk lemon.

Jenis bunga lain yang bisa dimakan dapat dilihat pada halaman selanjutnya!

4. Bunga Teratai

Bunga teratai atau bunga lotus juga bisa diolah menjadi sirup dan ditambahkan sebagai bahan pada kue tradisional. Foto: Meng Zhongde/VCG via Getty Images

Bunga teratai atau bunga lotus menawarkan berbagai manfaat. Jenis bunga ini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat melawan peradangan dan menjaga kesehatan kulit.

Bunga lotus sering diolah menjadi sirup. Rasanya juga terkenal enak. Untuk membuat sirup ini, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah merebus satu gelas air.

Setelah air direbus, rendam bunga lotus selama 2 jam. Setelah 2 jam, aduk sampai menyatu dan saring. Dinginkan di dalam kulkas, lalu sirup bunga ini siap dikonsumsi.

READ  Cek Status Paspor: Tips Praktis Mendeteksinya

Biji bunga lotus atau bunga teratai juga dapat diolah menjadi tepung, dan tepung ini bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kue tradisional seperti kue cincin, pais, dodol, dan kue-kue lainnya. Selain itu, belakangan ini bunga lotus juga sering diolah menjadi sayuran, seperti untuk sup atau tumisan.

5. Bunga Kelor

Selain daun dan buahnya, bunga kelor juga dapat ditambahkan ke dalam makanan. Bunga kelor memiliki warna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau. Bunga kelor bisa diolah menjadi tumis sayuran yang enak.

Untuk membuatnya, cuci bunga dengan air bersih dan tiriskan dari air. Panaskan minyak dalam wajan terpisah dan tumis bawang putih sampai kecoklatan. Kemudian tambahkan tomat dan beberapa bumbu, masak sampai matang.

Masukkan perasan bunga yang sudah direndam sebelumnya ke dalam bumbu. Setelah semua bahan telah tercampur, tambahkan daun ketumbar. Kari bunga daun kelor pun siap dikonsumsi.