5+ Cerita Liburan Sekolah Akhir Tahun yang Seru dan Berkesan

indotim.net (Senin, 04 Maret 2024) – Libur akhir tahun sudah berakhir. Para karyawan kembali ke kantor dan kembali ke rutinitas sehari-hari. Sedangkan siswa-siswa sekolah sudah memulai tahun ajaran baru. Salah satu kegiatan yang biasa dilakukan untuk memulai tahun ajaran baru adalah membuat cerita tentang liburan akhir tahun.

Selain berbagi pengalaman, baik yang bernada suka ataupun duka, tugas ini akan melatih beberapa kemampuan dasar siswa. Di antaranya adalah kemampuan berpikir kreatif, mengembangkan kerangka yang menarik, serta tentunya keahlian kebahasaan.

Nah, bagi yang sedang membutuhkan contoh karangan tentang liburan, berikut ini telah disiapkan beberapa contoh cerita liburan tahun baru yang singkat dan menarik untuk siswa.

Contoh Cerita Liburan Sekolah Akhir Tahun

1. Cerita Liburan Tahun Baru ke Pantai

Pada suatu hari yang cerah saat liburan akhir tahun lalu, aku dan teman-teman memutuskan untuk menyambut tahun baru dengan cara yang berbeda. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang biasanya hanya di rumah atau berkunjung ke rumah nenek, kali ini kami memutuskan untuk pergi ke pantai.

Sebagai seorang anak SD yang masih kecil, kami memutuskan untuk pergi liburan dengan sepeda. Keberangkatan kami dilakukan bersama teman-teman. Beruntungnya, sepeda yang kami gunakan dilengkapi dengan keranjang di bagian depannya. Desain inovatif sepeda tersebut membuat kami lebih mudah membawa barang bawaan.

Setelah menjalani perjalanan selama kurang lebih 2 jam dengan sepeda, akhirnya kami sampai di destinasi liburan kami, yaitu Pantai Parangtritis. Kelelahan kami terbayar dengan pemandangan alam yang memesona di sekitar pantai. Deburan ombak yang tenang menambah kerinduan kami untuk segera bermain di pantai.

Kami tiba di pantai dan disambut oleh suara ombak yang menghantam garis pantai dengan keras. Pasir putih yang lembut terlihat mengundang untuk duduk. Aku merasa antusias untuk segera melepas penat.

Setelah memilih spot yang pas, kami langsung melemparkan tikar di pantai. Cuaca yang tidak begitu terik, diselingi dengan angin sepoi-sepoi membuat suasana begitu nyaman. Kami mulai menyantap bekal yang kami bawa: nasi kotak, cemilan favorit, dan tentunya minuman dingin.

Tidak lupa, kami juga membawa peralatan snorkeling untuk menyelam dan menikmati keindahan bawah laut di sekitar pantai. Airnya begitu jernih sehingga bisa melihat berbagai jenis ikan yang berenang di sekitar terumbu karang.

Setelah makan, kami memutuskan untuk bermain voli pantai. Meskipun skill voli kami jauh dari profesional, tetapi yang terpenting adalah kesenangannya, bukan? Kami tertawa sambil bersenda gurau dengan begitu asyiknya.

Kemudian, sinar matahari mulai tenggelam, memberikan nuansa dramatis di langit. Udara pantai terasa sejuk, membuat kami semakin betah bermain di tepi pantai yang sepi.

Waktu menjelang senja, langit berubah warna jingga dan merah muda. Kami pun merapat ke pinggir air untuk menikmati matahari terbenam yang indah. Suara ombak yang menghantam pantai menjadi latar yang sempurna.

**Bagaimana menurutmu, Lisa?** tanyaku pada temanku yang duduk di sebelahku sambil menyeka embun yang menetes di wajahnya.

Detik-detik pergantian tahun pun tiba. Kami berdiri melingkari kembang api yang menyala di langit malam. Suara tawa dan tepuk tangan pun bergema di sepanjang pantai.

Kami merasa bahagia bisa menyambut tahun baru bersama, setelah melewati tahun ajaran yang penuh dengan tugas dan ujian. Liburan akhir tahun menjadi momen yang dinanti-nantikan untuk bersantai dan menikmati waktu luang tanpa beban.

Rasanya begitu spesial merayakan tahun baru di tempat yang begitu alami dan indah. Setelah kembang api meredup, kami duduk kembali di tikar, saling bercerita tentang tahun 2023 dan 2024 yang sudah tiba.

Seiring malam berlalu, cahaya bulan menggantikan kerlipan bintang. Suara riuh rendah tetap terdengar dari balik tenda-tenda, menutupi desiran ombak yang terus menyapa. “Tahun ini rasanya berbeda, ya?” tanya Rani. “Iya, jadi lebih bersyukur dengan semua yang telah terjadi,” jawab Indra sambil tersenyum.

Liburan tahun baru di pantai ini benar-benar meninggalkan kenangan yang tak terlupakan. Senangnya bisa bersama teman-teman terbaik di bawah langit bintang, sambil mendengarkan riak ombak. Selamat tahun baru, semoga tahun ini penuh dengan kebahagiaan dan petualangan seru.

2. Cerita Liburan Akhir Tahun ke Rumah Nenek

Liburan akhir tahun kemarin, aku bersama tiga saudaraku, Rama, Sita, dan Ani, dengan penuh antusias berangkat menuju rumah nenek di Desa Bambanglipura. Begitu tiba, Nenek Siti memberikan sambutan hangat dan memeluk kita dengan erat.

Setelah perjalanan panjang yang melelahkan, kami semua berkumpul untuk menikmati sarapan spesial yang telah disiapkan oleh Nenek Siti: bubur ketan dan segelas teh hangat. Suasana hangat dan akrab pun tercipta saat kami bertukar cerita dengan nenek yang telah lama tidak kami jumpai.

READ  Tato dan Bangunan: Pengeroyok Babinsa Bali

Pada siang itu, nenek mengajak kami untuk menjelajahi desa. Kami disuguhi pemandangan sawah hijau yang memukau, sungai kecil yang mengalir jernih, serta bertemu dengan tetangga-tetangga yang penuh ramah. Ani, yang tak sabar ingin tahu lebih banyak, terus bertanya kepada nenek tentang sejarah dan cerita menarik dari masa lalu desa tersebut.

Malam tiba, dan Nenek Siti mengajak kami berkumpul di halaman depan rumah yang bercahaya remang-remang. Kami berempat duduk di depan api unggun, sambil menikmati kue-kue kering yang lezat. Nenek Siti memulai bercerita tentang petualangan masa kecilnya dan kisah-kisah menarik dari masa lalu.

Hari-hari berlalu begitu cepat, dan liburan di rumah nenek menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi kami berempat. Sebelum pulang, nenek memberikan kami camilan dan segepok uang saku. Terima kasih banyak, Nenek Siti!

Kami pun pulang dengan hati bahagia dan kantong penuh oleh oleh dari Nenek Siti. Liburan sekolah akhir tahun ini sungguh memberikan kenangan manis bagi kami.

3. Cerita Liburan Akhir Tahun ke Luar Negeri

Untuk liburan akhir tahun 2023, saya bersama keluarga memutuskan untuk menghabiskan waktu istimewa di Singapura. Kami telah lama mendambakan pengalaman berlibur di negara ini, dan akhirnya impian kami terwujud.

Ketika tiba di Bandara Changi, aku langsung merasa kagum dengan fasilitasnya yang modern dan berbagai atraksi di dalamnya. Kami segera melanjutkan perjalanan menuju hotel yang terletak di pusat kota. Malam itu, setelah check-in, kami menjelajahi sekitar hotel dan menikmati pemandangan gemerlap kota yang begitu memukau.

Setelah memuaskan diri dengan pemandangan malam yang indah, kami pun kembali ke hotel untuk istirahat. Esok paginya, kami berencana untuk menjelajahi tempat wisata terkenal di Singapura. Kami sangat antusias karena sudah lama mendengar cerita tentang keindahan tempat-tempat tersebut.

Pada hari kedua di Singapura, kami mengunjungi S.E.A. Aquarium. Aku yang sangat menyukai kehidupan laut, merasa terpesona melihat berbagai spesies ikan yang cantik dan menarik di dalam akuarium raksasa tersebut. Momennya sungguh tak terlupakan.

Selanjutnya, kami menjelajahi Gardens by the Bay yang terkenal dengan Supertree Grove-nya yang menakjubkan. Aku benar-benar terpesona melihat pohon-pohon raksasa yang bersinar indah di malam hari. Suasana di Cloud Forest dan Flower Dome juga memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Lalu, kami melanjutkan petualangan ke Universal Studios Singapore. Sensasi dari wahana-wahana atraksi yang mendebarkan benar-benar menggetarkan hati kami. Tidak hanya itu, bertemu dengan karakter dari film-film terkenal membuat liburan kami semakin berkesan.

Tidak lupa, kami menghabiskan waktu berbelanja di Orchard Road, menjelajahi pasar malam di Chinatown, dan mencoba berbagai kuliner lezat di Hawker Centre. Aku merasa sangat beruntung bisa mencicipi berbagai hidangan khas Singapura, dari Hainanese Chicken Rice hingga Chili Crab.

Malam terakhir di Singapura, kami memutuskan untuk menikmati pertunjukan cahaya di Marina Bay Sands. Melihat skyline kota yang luar biasa dari SkyPark hotel tersebut membuatku merasa terharu. Aku duduk di sana, merenung, dan merasa bersyukur bisa menghabiskan liburan akhir tahun yang tak terlupakan di negeri ini.

Tidak terasa, sudah hampir satu minggu kami menjelajahi berbagai destinasi menarik di Singapura. Saya bahagia bisa berbagi momen-momen indah ini dengan teman-teman sekelas. Sebagai siswa SMA yang sedang merayakan liburan sekolah akhir tahun, setiap momen menjadi berkesan.

Singapura memberikan banyak kenangan indah bagi saya dan keluarga saya. Dari atraksi menarik hingga kelezatan kuliner, liburan ini benar-benar menjadi cerita yang akan selalu saya ingat. Saat kami meninggalkan Singapura, hati saya penuh rasa terima kasih dan harapan untuk kembali suatu hari nanti.

4. Cerita Liburan Akhir Tahun ke Gembira Loka Zoo Jogja

Liburan akhir tahun ini, saya beserta keluarga memutuskan untuk mengunjungi Gembira Loka Zoo di Jogja. Rasanya seperti petualangan yang dinanti-nanti, terutama bagi adik-adik saya, Anisa dan Rafi. Kami tiba di pintu masuk dengan senyuman ceria dan antusiasme yang membahagiakan.

Di dalam, kami disambut oleh beragam hewan yang eksotis dan lucu. Rafi yang masih kecil bersemangat melihat gajah, sementara Anisa langsung tertarik dengan zona satwa langka. Kami mengelilingi kebun binatang dengan penuh kekaguman, menikmati setiap momen ketika binatang-binatang itu bermain atau beristirahat di habitat mereka.

Saat itu, Rafi yang menggemaskan itu tiba-tiba berteriak, “Kakak, lihat! Gajah itu sedang mandi, lucu sekali!” Sorot mata Anisa berbinar-binar saat dia melihat harimau langka yang sedang bermain dengan mainan alami mereka. Suasana seakan menyatu dengan alam, menyuntikkan semangat baru dalam petualangan kami.

Namun, momen terbaik kami saat liburan adalah ketika menghadiri pertunjukan burung di Taman Burung. Anak-anak kami begitu kagum menyaksikan atraksi yang luar biasa dari burung-burung cerdas dan berwarna-warni. Anisa bahkan berhasil berfoto bersama burung hantu yang lucu, membuatnya begitu bahagia.

READ  Komrad Pancasila Sebut Pernyataan Kapolri 'Estafet Kepemimpinan' sebagai Langkah yang Wajar di Tengah Perkembangan Politik

Setelah puas berkeliling, kami mampir ke area taman bermain anak-anak. Anak-anak bermain dengan riang gembira di perosotan, ayunan, dan area bermain lainnya. Aku dan orangtua kami duduk di tepi taman, menikmati kebahagiaan yang terpancar dari wajah anak-anak.

Kami merasa begitu beruntung bisa menjadi bagian dari momen ini, di mana keceriaan anak-anak menghadirkan atmosfer yang begitu hangat. Suasana liburan sekolah akhir tahun memang selalu membawa kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang yang merayakannya.

Tak lupa, kami juga menikmati waktu santai di Kebun Binatang Mini yang menyediakan aneka tanaman dan bunga yang indah. Berfoto di antara tanaman hias dan melihat kupu-kupu yang beterbangan membuat momen itu semakin istimewa.

Seiring matahari mulai condong ke barat, kami beristirahat di area piknik Gembira Loka. Kami membawa bekal makanan ringan dan minuman, menikmati suasana taman yang tenang sambil berbicara dan tertawa bersama-sama. Pemandangan senja yang mempesona membuat momen itu terasa begitu romantis dan menghangatkan hati.

Saat itulah, teman-teman sekelas menjadi semakin akrab, terlepas dari kesibukan sekolah yang kadang membatasi interaksi kami. Tiap tawa yang terpingkal dan cerita yang kita bagi menjadi kenangan indah yang tidak akan terlupakan. Kami merasakan kebahagiaan simpel yang hakiki dalam momen kebersamaan itu.

Kami lantas pulang kembali ke rumah sekitar jam 20.00 WIB. Tanpa melakukan apapun, aku langsung melemparkan diri ke pelukan guling dan bantal untuk selanjutnya berkelana di alam mimpi.

5. Cerita Liburan Akhir Tahun ke Luar Kota

Tahun lalu, saya, Jafar, seorang anak SD dari Aceh, memiliki momen tak terlupakan. Keluarga saya memutuskan untuk mengunjungi Gunungkidul, destinasi di Jogja yang terkenal dengan keindahan alamnya.

Saat kami tiba di destinasi liburan, kami disambut dengan udara segar dan pemandangan yang memesona. Kelelahan perjalanan seketika hilang ketika kami mulai menjelajahi keindahan tempat tersebut.

Kami memutuskan untuk mengunjungi Pantai Indrayanti yang terkenal. Pasir putih halus dan ombak tenang memberikan kesan seolah kami berada di surga tropis yang tenang dan damai.

Di sepanjang pantai, terdapat toko-toko kecil yang menjual aneka barang suvenir, seperti gantungan kunci unik dan kaos dengan motif alam. Saya dan adik-adik saya tak dapat menahan diri untuk bermain-main di tepi pantai dan memilih beberapa suvenir sebagai kenang-kenangan.

Setelah berbelanja suvenir, kami melanjutkan perjalanan menuju hutan pinus yang berada tidak jauh dari pantai. Udara segar dan aroma pinus langsung menyegarkan semangat kami yang sedang lelah setelah seharian bermain di pantai.

Selanjutnya, kami melanjutkan perjalanan menuju Bukit Bintang, destinasi yang menakjubkan dengan tebing-tebing kapur yang megah. Kami menaklukkan rintangan mendaki bukit tersebut dan akhirnya tiba di puncak. Pemandangan yang terbentang di depan mata sungguh memukau. Sungguh suatu momen yang membahagiakan bisa berbagi keindahan ini bersama keluarga tercinta.

Di sekitar area tersebut, terdapat warung makan yang menyajikan masakan khas daerah tersebut. Kami mencicipi makanan lezat sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan. Kami juga mengunjungi Gua Jomblang yang menawarkan petualangan yang sangat menarik.

Selain itu, kami juga menyempatkan diri untuk bermain air di Pantai Parangtritis. Ombak yang tinggi membuat kami semakin bersemangat. Seru sekali rasanya!

Saya dan keluarga saya mengenakan peralatan pengaman dan turun ke dalam gua yang gelap. Di dalamnya, kami melihat keindahan stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan. Pemandu kami menjelaskan sejarah dan keunikan gua ini dengan penuh semangat.

Kami merasakan sensasi petualangan yang menyenangkan sambil mendengarkan suara gemericik air yang mengalir dengan lembut di dalam gua tersebut. Seolah-olah kami dibawa pada petualangan magis di dunia bawah tanah yang menyimpan misteri.

Sebelum kami pulang, kami memutuskan untuk mengunjungi Pasar Seni Gunungkidul. Disana, kami terpesona dengan berbagai hasil kerajinan tangan lokal seperti batik, tenun, dan patung kecil yang menggambarkan kekayaan budaya daerah tersebut. Setelah berbelanja dengan puas, kami pulang membawa pulang kenangan indah dan beberapa suvenir yang akan selalu mengingatkan kami pada liburan seru di Gunungkidul.

6. Cerita Liburan Akhir Tahun di Rumah

Liburan tahun 2023 menjadi momen spesial di rumahku. Kami memutuskan untuk tidak bepergian dan menikmati liburan dengan santai di rumah. Meskipun terlihat sederhana, liburan di rumah ternyata menyenangkan.

Setiap pagi, aku bangun pukul 06.00. Bersiap-siap untuk bertemu teman-teman di luar rumah. Kami selalu punya rencana permainan seru setiap harinya. Ada yang ingin bermain bola, ada yang lebih suka petak umpet, atau kadang kami memilih permainan tradisional yang sudah hampir dilupakan.

Aku akan menghabiskan waktu bersama teman-teman sebayaku itu hingga jam 12.00 siang. Panggilan ibu akan mengakhiri acara bermain dan mesti segera kembali ke rumah. Lepas bermain, tidur siang selama 1-2 jam adalah rutinitas harianku.

READ  Sibuknya Petani Bunga Menyambut Pemesanan untuk Pemakaman Ratu Elizabeth II

Setelah selesai dengan tidur siang, biasanya kami berkumpul kembali di teras rumah. Momen tersebut penuh dengan tawa dan cerita seru tentang hari-hari di sekolah. Senja pun menghampiri, memberikan nuansa yang hangat dan damai di setiap sudut halaman rumah.

Sorenya, saya bersiap-siap untuk keluar dari rumah. Destinasi kali ini adalah masjid. Saya memutuskan untuk mengunjungi Taman Pendidikan Al-Quran Firdaus di masjid dekat rumah. Tempat ini menjadi tempat berkumpul banyak anak sebaya dengan saya. Kami belajar dari Kak Fatimah dan Kak Azka. Program yang disediakan sangat beragam, mulai dari mendengarkan bacaan Al-Quran hingga latihan adzan.

Malam harinya, saya biasanya akan belajar satu atau dua mata pelajaran. Favorit saya adalah matematika dan bahasa Indonesia. Pukul 21.00 WIB, saya akan tidur untuk memulihkan energi. Keesokan harinya, saya akan melakukan rutinitas yang sama lagi.

Itulah kisah liburanku di tahun 2023. Meski tak sementereng teman-teman lainnya, aku bersyukur bahwa banyak hal positif yang kuraih dalam rentang waktu tersebut.

Tahun itu, aku memutuskan untuk menghabiskan liburan sekolah akhir tahun di desa kakek nenekku. Suasana pedesaan yang tenang dan udara segar menjadi obat penenang bagi kelelahan selama semester.

7. Cerita Liburan Akhir Tahun ke Desa

Liburan akhir tahun 2023 kemarin penuh dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Keluargaku memutuskan untuk merayakan liburan di sebuah desa yang indah dan tenang. Kami memulai hari dengan perjalanan pagi ke pasar desa, di mana kami menjelajahi aneka produk lokal dan mencicipi kuliner tradisional.

Pada siang hari, kami mengadakan piknik keluarga di tepi sungai yang mengalir tenang di sekitar desa. Sambil menikmati hidangan lezat yang kami bawa, canda-tawa dan gurauan berkembang di bawah rindangnya pohon beringin.

Seakan-akan waktu berhenti sejenak, kami merasa begitu bebas di alam terbuka saat itu. Suara riak air sungai dan nyanyian burung membuat suasana semakin damai.

Setelah makan, kami menyusuri aliran sungai dengan perahu kano, menciptakan momen seru yang tak terlupakan. Sore harinya, kami pergi untuk menyaksikan pertunjukan seni komunitas di aula desa.

Senja yang memerah menjadi latar belakang indah bagi pertunjukan tersebut. Musik yang mengalun merdu disertai tarian yang anggun benar-benar memukau hati kami semua.

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan selama liburan sekolah akhir tahun. Salah satu kenangan yang tak terlupakan adalah saat kami mengikuti pertunjukan seni tradisional di desa sebelah. Suasana tradisional yang kental terasa sejak kami tiba.

Kami disambut dengan tarian jathilan yang memukau. Langkah kuda-kuda penari jathilan begitu lincah membuat kami tak berhenti bertepuk tangan kagum. Musik gamelan pun mengiringi tarian itu dengan indah, menciptakan harmoni yang memikat hati.

Pengalaman kami selama liburan akhir tahun sungguh tidak terlupakan. Setelah seharian bermain di pantai, kami semua berkumpul di lapangan desa untuk menikmati malam terakhir sebelum kembali ke rutinitas sekolah.

Kami pun menyusun rencana untuk menutup liburan dengan penuh keseruan. Saat senja mulai turun, langit merona dengan gradasi warna yang memukau. Itulah saat yang tepat untuk memulai acara kembang api, yang berhasil memukau semua penonton di sekitar. Dengan berbagai pola dan warna yang mempesona, kembang api seperti menari indah di langit malam.

Kami semua berkumpul di lapangan desa, saling berpelukan, dan menyaksikan pertunjukan kembang api yang memukau. Liburan akhir tahun ini tak hanya memberikan kesenangan, tetapi juga memperkuat ikatan keluarga dan kenangan indah bersama masyarakat desa.

Sebagai rangkuman, berikut adalah 5+ contoh cerita liburan sekolah akhir tahun siswa yang singkat dan menarik yang dapat menjadi inspirasi bagi teman-teman semua. Mari kita simak cerita-cerita seru mereka!

Cerita 1: Petualangan di Pulau Karimun

Fitri dan teman-temannya memutuskan untuk menghabiskan liburan mereka di Pulau Karimun. Mereka mengeksplorasi pantai-pantai indah, snorkeling, dan menikmati keindahan alam yang menawan.

Cerita 2: Menjelajah Situs Sejarah Prambanan

Ridho dan keluarganya memilih berlibur ke Yogyakarta. Mereka mengunjungi Candi Prambanan dan mendalami sejarah serta kebudayaan Indonesia yang kaya.

Cerita 3: Wisata Edukasi di Taman Safari

Siti bersama adiknya merayakan akhir tahun di Taman Safari. Mereka belajar tentang hewan-hewan langka, berinteraksi dengan satwa, dan senang dengan taman bermain yang menyenangkan.

Cerita 4: Petualangan Seru di Pantai Parangtritis

Eko dan teman-temannya memilih berlibur ke Pantai Parangtritis. Mereka bermain pasir, menikmati sunset yang memesona, dan mencoba olahraga air seru seperti surfing.

Cerita 5: Liburan Keliling Taman Wisata Alam

Dina dan keluarganya memutuskan untuk berkeliling taman wisata alam di Jawa Barat. Mereka menikmati udara segar, hijauannya yang memukau, serta menjalin kedekatan dengan alam.

Setelah membaca cerita-cerita seru di atas, semoga dapat memberikan inspirasi untuk liburan akhir tahun yang tak terlupakan. Selamat berlibur, semoga menyenangkan!