10 Bunga Paling Indah dan Unik di Dunia, Warna Menakjubkan

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Bunga pada tanaman memiliki warna dan bentuk yang menarik. Seseorang yang sangat menyukai bunga disebut dengan “anthophile”.

Sejatinya, ada berbagai bunga tercantik di dunia yang enak untuk dipandang mata. Selain itu, beberapa bunga-bunga indah juga memberi kesan tersendiri saat orang melihatnya.

Dalam artikel ini, kita akan mengetahui beberapa bunga tercantik di dunia, yang memiliki pesona serta makna yang melekat padanya. Simak daftarnya di bawah ini.

Nama Bunga Tercantik di Dunia

Menurut laman House Beautiful dan Funempire, berikut adalah contoh beberapa bunga tercantik di dunia:

1. Tetarai Suci (Nelumbo nucifera)

Tetarai Suci (Nelumbo nucifera) - Foto oleh NurPhoto/Getty Images

Sacred Lotus atau disebut teratai suci, merupakan salah satu bunga tercantik di dunia. Teratai suci kerap dianggap sebagai simbol keagamaan, keindahan, serta perjuangan.

Bunga ini tumbuh di atas air seperti perahu berwarna merah muda yang cantik. Tangkai dan akarnya menjangkau jauh ke dalam lumpur di perairan di bawahnya.

2. Fuchsia (Fuchsia magellanica)

Fuchsia (Fuchsia magellanica). Foto: Cyrille Gibot/Getty Images

Fuchsia adalah bunga yang bisa tumbuh sebagai semak, pohon kecil, atau tanaman merambat. Bunga ini memiliki warna merah muda dan ungu cerah yang hampir terlihat seperti kartun.

3. Pompon Dahlia (Dahlia variabilis pompon)

Pompon Dahlia (Dahlia variabilis pompon). Foto: Ali Majdfar/Getty Images

Bunga ini bisa mekar dengan berbagai warna, mulai dari pink, merah, kuning, hingga oranye. Keindahan bentuk dan warnanya membuat bunga ini menjadi favorit para tukang kebun.

READ  Jokowi: Ditertawakan saat Pemerintah Maju, Diberontak saat Mundur

Pada variasi berbentuk pom-pom ini, perhatikan bagaimana setiap kelopak bunga tersebut terbentuk dan ditempatkan dengan seragam. Bentuknya menyerupai bola yang hampir sempurna, disusun dengan indah dan memanjakan mata.

4. Lavender (Lavandula lavandin)

Lavender (Lavandula lavandin). Foto: WESTEND61/Getty Images

Bunga lavender memiliki bentuk kecil namun memiliki aroma yang harum. Tanaman lavender tumbuh subur di tempat yang terkena sinar matahari.

Bunga ini sering digunakan untuk membuat minyak esensial dan lulur karena memiliki sifat aromaterapi yang menenangkan.

Dari aroma yang khas hingga warna ungu yang indah, bunga lavender melambangkan ketenangan dan kebijaksanaan.

5. Frangipani (Plumeria rubra)

Frangipani (Plumeria rubra). Foto: Skye Armstrong/Getty Images

Ketika berada di Hawaii, pengunjung sering diberi hadiah berupa lei (kalung bunga) yang biasanya dihiasi dengan salah satu bunga ini yang harum.

Frangipani memiliki banyak warna, namun warna putih marshmallow dengan sedikit warna kuning cerah di tengahnya, menjadi versi bunga kecil yang tercantik bukan?

6. Mawar (Rocaceae)

Mawar (Rocaceae). Foto: REMKO DE WAAL/Getty Images

Mawar adalah salah satu bunga tercantik di dunia. Bunga ini sering diberikan sebagai hadiah kejutan, karena dikenal sebagai simbol cinta, kegembiraan, dan keindahan.

Bunga ini memiliki beragam warna beserta maknanya masing-masing, seperti:

  • Bunga mawar merah bermakna tentang cinta dan keinginan
  • Mawar putih bermakna kepolosan, kesucian, atau kemurnian
  • Mawar pink bermakna syukur
  • Mawar kuning melambangkan kecemburuan dan perselingkuhan
  • Mawar lavender bermakna cinta pada pandangan pertama
  • Mawar merah tua bermakna duka
  • Mawar oranye bermakna antusiasme

7. Amaryllis

Amaryllis. Foto: Wargner Campelo/Getty Images

Amaryllis punya bentuk yang unik dengan wanginya yang khas. Bunga ini kerap dijadikan sebagai lambang cinta, kedamaian, kegembiraan, serta romansa.

Amaryllis dapat ditemukan dalam berbagai jenis warna, di mana setiap warna yang menghiasi bunga ini akan membawa pesan dan karakteristik tertentu. Oleh karena itu, bunga ini dianggap dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

READ  Panas! Iran Melancarkan Serangan dan Irak Bersiap-siap untuk Mengajukan Aduan

8. Calla Lily (Zantedeschia)

Calla Lily (Zantedeschia). Foto: Aimintang/Getty Images

Calla Lily adalah bunga yang memiliki silsilah mitologis. Konon, calla lily disebutkan sebagai bunga yang berasal dari air susu ibu dewi Yunani Hera, istri Zeus. Saat kembali ke bumi, warga bumi akan merayakannya karena bunga tersebut sangat indah namun sederhana.

9. Bird of Paradise (Strelitzia reginae)

Bird of Paradise (Strelitzia reginae). Foto: ALEXANDRE MORIN-LAPRISE/Getty Images

Sesuai dengan namanya, bunga ini memiliki bentuk yang menyerupai burung Bird of Paradise yang dalam bahasa Indonesia disebut Burung Cendrawasih. Kesan tropis dari visual bunga ini terlihat dari warnanya dan bentuknya.

Walaupun bukan bunga langka, Bird of Paradise menjadi bunga yang cukup unik, karena hanya ada lima jenis di dunia.

10. Parrot Tulip (Tulipa gesneriana var. dracontia)

Parrot Tulip (Tulipa gesneriana var. dracontia). Foto: Flowerphotos (Contributor)/Getty Images

Parrot tulip atau tulip burung beo termasuk tulip tradisional karena punya tangkai yang tinggi, garis-garisnya yang bersih, serta warna monokromnya yang cerah.

Tadi adalah beberapa bunga tercantik di dunia dengan bentuk, warna, dan aroma yang khasnya masing-masing. Dari tampilan di atas, mana nih bunga yang menurut kamu paling cantik? Jumlah Hewan Penyerbuk Terancam, Mengancam Nyawa 427 Ribu Orang setiap Tahun